Mohon tunggu...
Ubaydil Haq
Ubaydil Haq Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga (20107030039)

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga (20107030039)

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Berbagai Poin, Portugal dan Prancis Menuju ke Babak 16 Besar

24 Juni 2021   09:49 Diperbarui: 24 Juni 2021   10:10 83 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Berbagai Poin, Portugal dan Prancis Menuju ke Babak 16 Besar
Cristiano Ronaldo (sumber: DARKO BANDIC/AFP via bola.kompas)

Pertandingan Portugal melawan Prancis pada laga penutup grup F Euro 2020 berakhir imbang. Laga yang berlangsung di Puskas Arena, Kamis (23/6) berakhir dengan skor 2-2. Dengan demikian, Prancis berhak lolos menuju 16 besar sebagai pemuncak klasemen grup F dengan raihan 4 poin dan Portugal lolos sebagai peringkat tiga terbaik.

Laga ini dihiasi dengan banyak tendangan penalti. Laga ini menjadi laga pertama dalam sejarah Euro dengan tiga penalti dalam satu laga. Pada laga tersebut, Portugal berinisiatif untuk tampil menyerang sejak awal pertandingan. Selecao das Quinas -- julukan Portugal -- cukup percaya diri untuk menguasi menit-menit awal permainan. Portugal dapat unggul terlebih dahulu melalui tendangan titik 12 pas Ronaldo pada menit ke-31. Keunggulan ini membuat anak asuhan Fernando Santos tampil elbih percaya diri untuk terus membangun serangan.Akan tetapi, Prancis berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 melalui tendangan dari titik putih jelang rehat babak pertama. Skor imbang 1-1 bertahan hingga babak pertama usai.

Usai turun minunm, giliran Las Blues -- julukan Prancis -- yang tampil menekan. Babak kedua belum berlangsung lama, pasukan Didier Deschamp berhasil membalikkan keadaan berkat gol Karim Benzema pada menit ke-48. Gol bermula dari Pogba yang melihat pergerakan tanpa bola dari Benzema. Gelandang Manchaster United itu langsung mengirim umpan terobosan yang berhasil dimanfaatkan dengan baik menjadi gol.

Akan tetapi, gol Benzema sempat dianulir oleh wasit karena dianggap offside, kemudian wasit mengesahkan gol penyerang Real Madrid itu setelah melalui proses peninjauan dari Video Assistant Referee atau VAR. Prancis memimpin 2-1 atas Portugal. Gol ini langsung meningkatkan tempo permainan. Jual-beli serangan terjadi, kekuatan kedua tim terlihat sangat seimbang.

Satu menit berselang, Portugal nyaris menyamakan kedudukan. Ronaldo berhasil menjangkau mpan silang yang dikirimkan Jota, tetapi belum menemui sasaran, masih melenceng.

Portugal terus bekerja keras untuk menyamakan kedudukan. Uoaya itu membuahkan hasil pada menit ke-59 saat bola yang diumpan Ronaldo mengenai lengan Jules Kounde di kotak penalti.Wasit memberi hadiah Portugal tendangan dari titik 12 pas yang dieksekusi oleh Ronaldo untuk membuat skor menjadi 2-2.

Skor imbang 2-2 kembali mengubah tempo permainan. Kedua tim masih bergantian jual-beli serangan, tetapi tampak jauh lebih hati-hati dan penuh perhitungan.

Prancis kembali mendapat peluang emas untuk kembali memimpin pada menit ke-66. Akan tetapi, Rui Patricio yang berada di bawah mistar gawang Portugal bergerak dengan cekatan dan berhasil melakukan double save saat bola pantul dari tembakan Pogba disambut oleh Griezmann.

Memasuki 10 menit akhir, tempo pertandingan semakin menurun. Portugal lebih banyak memainkan bola di wilayah sendiri, terlihat kentara Portugal mengincar hasil imbang.

Tidak ada gol tambahan pada sisa laga. Wasit pun meniup peluit panjang. Skor akhir 2-2 menutup duel sengit Portugal melawan Prancis pada gelaran Euro 2020 kali ini.

Meski sama-sama berbagai poin satu angka, kedua tim berhasil lolos menuju 16 besar Euro 2020. Prancis menjadi juara grup F dengan lima poin. Sementara itu, Portugal lolos melalui jalur empat tim peringkat tiga terbaik dengan raihan empat poin. Sebagai juara grup F, Prancis akan menghadapi Swiss dalam laga 16 besar di Bucharest, pada Senin (28/6) pekan depan. Sementara itu, Portugal akan bertemu Belgia di Sevilla, sehari sebelumnya.   

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x