Mohon tunggu...
Ubaydil Haq
Ubaydil Haq Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga (20107030039)

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga (20107030039)

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

Membuat Film Menggunakan Handphone

18 Juni 2021   16:21 Diperbarui: 23 Juni 2021   18:54 90 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Membuat Film Menggunakan Handphone
Dokpri/hp

Film merupakan seni media visual yang masih digemari oleh banyak kalangan. Sejauh ini diketahui bahwa produksi film sangat membutuhkan banyak biaya dan anggaran yang tentunya tidak sedikit. 

Lantas, apakah bisa membuat film dengan budget yang murah dan mudah? jawabannya tentu bisa. Perlu diketahui bahwa dalam pembuatan film, masalah dana adalah hal yang relatif. Maksudnya dengan dana berapapun film dapat dibuat dan dengan dana berapapun dalam pembuatan film maka dana itu juga pasti akan habis. 

Seberapa dana yang dibuat adalah seberapa film yang dibuat. Karena film merupakan hasil dari sebuah kerja seni kreatif yang tidak bisa di patokan terhadap sesuatu yang pasti. Ketika  seorang membuat film dengan dana tertentu maka hasil film yang dibuat adalah sesuai dengan dana yang dianggarkan tersebut.

Apakah HP bisa digunakan untuk membuat film?

Jika jawabannya bisa, seperti apa hasilnya? hasil film yang dibuat adalah hasil dari kelas tertentu yang disesuaikan dengan budget yang sesuai dengan kelas tersebut pula. 

Jika membuat film dengan smartphone, maka hasil film yang dihasilkan tidak bisa dibandingkan dengan hasil film yang direkam dengan kamera film profesional. Begitu pula dengan pendanaan, jika dana film yang dibuat dengan budget sedikit, tentunya hasil film tidak bisa dibandingkan dengan hasil film yang didanai oleh produser atau perusahaan tertentu.

Namun dengan hal itu, jangan membuat pikiran seakan film yang dibuat tidak bagus atau tidak berkualitas. Justru disitu letak seninya, yaitu seberapa bagus dengan budget dan alat yang seadanya ini dapat menghasilkan sebuah film yang bagus pula. 

Salah satu faktor yang menjadi nilai tambahan untuk film bisa dikatakan bagus adalah pesan moral atau hikmah serta penceritaan yang unik bagus dan berkualitas. Hal ini tidak memandang alat yang dipakai atau dana yang dibutuhkan. Karena intinya pada sebuah media komunikasi massa yang berupa film yaitu sebagaimana para pembuat film berhasil menyampaikan pesan kepada para penonton. Hal itu menjadi tolak ukur film tersebut layak maupun tidak.

Tata cara untuk membuat film dengan smartphone atau HP

1. PRA PRODUKSI

Naskah

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x