Mohon tunggu...
Muh Zainal
Muh Zainal Mohon Tunggu... Lainnya - Widyaiswara

Touring, Nulis dan Widyaiswara

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

PTMT untuk Menghindari Learning Loss Peserta Didik

8 November 2021   08:20 Diperbarui: 8 November 2021   08:43 809
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pelaksanaan TPMT mengintegrasikan aplikasi e-Learning (NS. 2021)

Pendahuluan

Pelaksanaan pembelajaran selama masa pandemi covid menghadapi beragam kendala dan tantangan agar tetap dapat menjamin keterlaksanaan pendidikan dan pengajaran. 

Beragam cara yang dilakukan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi agar dapat memfasilitasi peserta didik untuk dapat menguasai materi pelajaran. Pemanfaatan WhatssApp Group menjadi salah satu alternatif pertama yang dilakukan oleh guru dengan pertimbangan bahwa semua siswa memiliki smartphone dan aplikasi whatsapp. 

Akan tetapi sangat dirasakan keterbatasan menggunakan aplikasi tersebut. Guru hanya dapat mengirimkan bahan ajar pada peserta didik melalui WAG untuk dibaca dan dipelajari secara mandiri. Selain itu guru juga mengirimkan soal latihan dan ujian melalui WAG. Kondisi ini dirasakan tidak memungkinkan peserta didik dapat mencapai ketuntasan minimun yang ditetapkan.

Alternatif lain selama pandemi covid-19 adalah menggunakan LMS Google Classroom. Penggunaan aplikasi ini sedikit membantu siswa, akan tetapi masih belum mampu mengontrol secara ketat aktivitas peserta didik dalam belajar mandiri. Akhirnya digunakan Google meet dan Zoom Aplication untuk memaparkan materi sebelum diberikan penugasan kepada peserta didik.

 Hal ini pun masih memberikan masalah lain, dimana jaringan internet yang terbatas, serta kemampuan peserta didik yang berbeda dalam memenuhi kuata yang diperlukan selma proses sinkronus dengan aplikasi Zoom dan Google Meet. Kondisi ini sangat memungkinkan peserta didik mengalami learning loss, karena tidak dapat berinterasksi secara baik dalam proses pembelajaran.

Masalah lain adalah kemampuan guru dalam menyiapkan konten digital sebagai sumber dan bahan ajar elektronik bagi peserta didik. Keterbatasan guru dalam penyediaan sumber belajar dalam bentuk video pembelajaran, Slide interaktif, Quizz interaktif dan bahan ajar lainnya. Tidak semua bahan ajar yang telah disiapkan oleh  guru dapat digunakan oleh peserta didik dalam belajar secara mandiri dirumah. Kondisi ini yang menghendaki perlunya segera melaksanakan pembelajaran dengan model tatap muka terbatas.

Pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas menjadi peluang besar bagi guru dan peserta didik untuk dapat berinteraksi secara langsung didalam kelas. Proses ini menjadi satu jalan agar peserta didik dapat secara optimal mencapai tujuan pembelajaran agar dapat memenuhi kompetensi dan standar mutu yang diharapkan oleh kurikulum. 

Disadari sepenuhnya bahwa selama pelaksanaan pembelajaran secara online sejak wabah Covid-19, beragam hambatan dan tantangan yang dihadapi oleh guru dan peserta didik baik hambatan teknis maupun non teknis, seperti jaringan internet, perangkat elektronik, dan penyiapan konten pembelajaran digital oleh gur. Belum lagi kesulitan guru dalam mengembangkan dan membimbing siswa pada aspek keterampilan dan sikap selama kegitan pembelajaran virtual berlangsung. 

Model  PTMT untuk Mengatasi Learning Loss

Proses pembelajaran jarak jauh sangat memungkinkan aktivitas guru dan peserta didik tidak optimal sehingga menyebabkan peserta didik kesulitan mencapai target kurikulum yang ditetapkan. kemungkinan akan terjadi Lerning Loss dimana peserta didik tidak dapat menguasai secara keseluruhan pengetahuan dan keterampilan tertentu yang telah ditetapkan. 

Pemberlakukan kebijakan pemerintah dalam pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) diharapkan dapat menghindarkan siswa dari Learning Loss, meskipun pembelajaran dilaksanakan belum 100% dilakukan secara tata muka. 

Pemberlakuan kebijakan PTMT menjadi peluang baik bagi guru dan siswa untuk melakukan interaksi pembelajaran sebagai satu model interaksi pembelajaran agar peserta didik tidak mengalami learning loss. 

Disadari sepenuhnya bahwa selama pembelajaran full daring, peserta didik tidak mampu menguasai pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan tuntutan kurikulum. Beberapa pengetahuan dasar dan keterampilan yang harus dikuasai hanya dapat dipenuhi melalui pembelajaran tatap muka. 

Pembelajaran PTMT dilaksanakan diarahkan agar dapat mengatasi learning loss peserta didik yang didasarkan pada pencapaian indikator kurikulum sesuai dengan KI dan KD setiap mata pelajaran. Hal ini membutuhkan perencanaan yang matang agar pertemuan atau tatap muka terbatas dapat memenuhi learning loss peserta didik selama masa pembelajaran full online.

Rencana PTMT disusun dengan mempertimbangkan beberapa hal diataranya adalah memastikan penerapan protokol kesehatan diantaranya memakai masker, menjaga jarak 1,5 meter dan memastikan peserta didik dalam satu ruangan maksimal 18 orang. 

Pelaksanaan PTMT tetap melaksanakan pembelajaran tatap muka langsung dan pembelajan online. 

Untuk itu guru masih memerlukan penyediaan sumber belajar online disamping sumber belajar yang digunakan pada tatap muka langsung. Secara rinci pembelajaran TMPT dilaksanakan sesuai dengan perencanaan sebagai berikut:

  • Analisis Perangkat Pembelajaran sesuai dengan PTMT dan Penyusunan RPP model tatap muka langsung dan tatap muka secara online
  • Pelaksanaan PTMT sekaligus melakukan review materi pada pembelajaran online untuk mengetahui tingkat pencapaian atau ketuntasan peserta didik untuk menjadi dasar menetapkan sajian materi pada tatap muka terbatas.
  • Membuat sumber belajar yang dapat dengan mudah diakses oleh peserta didik baik pada saat pembelajaran mandiri di rumah, maupun pada saat TPMT.
  • Pelaksanaan PTMT untuk Mengatasi Learning Loss dengan fokus pada pembimbingan keterampilan dan karakter peserta didik.

Hasil diagnosa dan penyusunan rencana pembelajaran, dipandang perlu untuk menyusun sumber dan bahan ajar yang selain dapat dikases pada pembelajaran online, juga dapat digunakan pada saat PTMP. 

Pelaksanaan TPMT dengan memberlakukan protokol kesehatan yang ketat, tentu tidak dapat membiarkan peserta didik berkumpul dan berinteraksi secara langusng dalam jarak yang tidak dibenarkan. 

Oleh karena itu pada PTMT dibutuhkan sumber belajar yang dapat digunakan oleh peserta didik untuk menghindari kerumunan siswa yang telalu banyak melebihi persyaratan protokol kesehatan. Guru tetap memanfaatkan aplikasi berbasis IT agar meskipun pada pelaksanaan PTMT dengan tetap mengacu pada beberapa prinsip utama yaitu:

  • Peserta didik tidak kesulitan menemukan dan mengakses materi pelajaran berbasis elektronik
  • Peserta didik dapat melaksanakan aktivitas secara runtut sesuai dengan sintaks yang telah ditentukan oleh guru yang disajikan secara online (mis. melalaui LMS Moodle, e-learning, Google Classroom) dan memperoleh penjelasan langsung cara penggunaan aplikasi tersebut selama PTMT
  • Penguasaan pengetahuan peserta didik lebih baik karena selain belajar mandiri di rumah juga meperoleh penguatan dan penjelasan dari guru pada saat terjadi PTMT, termasuk penguasaan keterampilan yang dapat dipraktekkan pada saat PTMT dilaksanakan.

Penutup

Pengalaman dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh menggunakan ICT tetap harus dimanfaatkan selama masa PTMT sehingga model pembelajaran tetap mengintegrasikan antara pembelajaran jarak jauh dan PTMT. 

Hal ini menjadi peluang besar peserta didik dan guru memiliki waktu yang relatif lebih panjang untuk dapat berinteraksi antara satu sama lain. Peluang peserta didik untuk dapat menguasai pengeetahuan, keterampilan dan sikap sangat memungkinkan dicapai. 

Konsep ini dikenal dengan istilah Blended Learning, yaitu model pembelajaran yang mengintegrasikan pembelajaran jarak jauh dengan pembelajaran tatap muka.

Tradisi guru dalam penyiapan konten digital untuk pembelajaran dan tradisi peserta didik dalam belajar jarak jauh tetap harus dipertahankan agar dapat menambah waktu belajar peserta didik, selain dirumha, juga disekolah melalaui PTMT. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun