Mohon tunggu...
tya PGSD
tya PGSD Mohon Tunggu... -

saya tya pranita. kuliah di PGSD UNS KAMPUS VI KEBUMEN....

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

yang mempengaruhi kita

31 Desember 2010   01:24 Diperbarui: 26 Juni 2015   10:10 115
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Manusia memililki akal pikiran sebagai aktivitas fungsi otak yang terstruktur secara bervariasi dan mempengaruhi bakat seseorang. Otak manusia dapat berfungsi sebagai pertahanan dengan usaha yang disebut belajar melalui perantara otak yang dimilikinya. Belajar dapat menghasilkan output optimal apabila pendidik dan pembelajar dapat berinteraksi dengan kompak. Pendidik memiliki peran penting untuk membentuk dan mengarahkan para pembelajar menjadi sosok ahli. Menurut teori otak ini, otak manusia di bagi menjadi 3 yaitu otak reptil, sistem limbik, dan neikorteks.

` Otak neo cortex ini merupakan 80% dari total otak manusia dan di sebut juga otak berpikir. Otak ini yang paling tinggi dapat mengembangkan kemampuan berbahasa, berpikir abstrak dan dapat memecahkan masalah Di dalam otak neo cortex ini, terdapat empat lobus atau cuping yang mempunyai tingkatannya karena fungsi berbeda.Proses pendidikan mestinya mengembangkan setiap bagian otak. Jika proses pembelajaran mampu mencapai otak neokorteks,maka otak reptil dan sistem limbik akan terkembangkan. Namun, pembelajaran yang hanya menyentuh otak limbik apalagi otak reptil belum tentu neokorteks akan terkembang. Struktur otak manusia yang diwarnai dengan variasi yang berkaitan dengan bakat seseorang. Bakat tersebut telah dibawa seseorang sejak lahir disamping masih dapat dipengaruhi oleh lingkungan yang biasa disebut dengan bakat buatan. Potensi alami hingga berbuah bakat berhubungan dengan kecerdasan intelektual siswa. Jadi, IQ boleh dikatakan sebagai modal awal sebuah bakat. Untuk mengetahui keberbakatan para siswa, guru perlu menilik indikator keberbakatan. Terdapat tiga kelompok indicator keberbakatan yakni kemampuan umum yang tergolong di atas rata-rata, kreativitas yang tinggi, dan komitmen terhadap tugas yang sangat kuat.

Otak kita memiliki 2 bagian yaitu belahan otak kanan dan belahan otak kiri. Otak kiri berperan dalam kemampuan baca, tulis, hitung dan fungsi kognitif lainnya. Sementara otak kanan sebagai bentuk berpikir paralel, kreatif, intuitif, dan imajinatif. Selama ini kebanyakan kita hanya memanfaatkan otak kiri dan menganggurkan otak kanan. Padahal banyak penelitian yang mengatakan bahwa peran otak kanan sama pentingnya dengan otak kiri. Otak kita bersifat plastis, artinya semakin banyak kita isi, otak akan semakin mekar. Dalam otak kita terdapat berbagai macam informasi yang bisa bersifat short term memory dan long term memory. Informasi yang bersifat long term memory artinya dapat bertahan lama di otak atau pada saat-saat tertentu ketika dibutuhkan akan dengan cepat kita ingat.

Ada juga Metoda aktivasi otak tengah yang tujuannya agar anak menjadi jenius, dilihat dari sudut ilmu apapun, tidak dapat memberikan dukungan bagi pengembangan penelitian baginya. Ilmu psikologi yang mengupas tentang anak jenius tidak mungkin bisa memberikan dukungan secara teoritis, terutama tentang orijinalitas eksistensi kejeniusan. Apabila seorang siswa merasa diberdayakan maka keyakinan-keyakinannya akan cenderung lebih positif. Sikap positif tesebut membangun kekuatan di atas dirinya dan sangat membantu dalam pembelajaran. Keyakinan internal atas dirinya sendiri dan lingkungannya adalah hal-hal yang sangat mempengaruhi sikap eksternalnya.

Ada beberapa faktoryang mempengaruhi sikap kita yaitu Pertimbangan-pertimbangan biologis-medis perkembangan. Keamanan Emosinal, Keyakinan Etis-Spiritual-Moral. Pengaruh Sosial Budaya,DanPenghalang Institusional Fisik.

Nutrisi yang baik menunjang pemfungsian neuron-neuron yang sehat, bahan bangunan yang penting bagi performa mental. Kebutuhan yang paling penting adalah oksigen dan glukosa, diperoleh dengan cara mengkonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan. Otak juga membutuhkan air murni (air putih) setiap hari untuk pembelajaran yang optimal. Otak terdiri atas 80% air dan sangat sensitif terhadap perubahan tingkat pH. Transmisi neuron yang sesungguhnya tergantung pada polaritas dari masing-masing sel dan hal ini dipengaruhi oleh kalsium, potasium dan air. Kekurangan vitamin sebagai salah satu penghalang bagi pembelajar, ini merupakan masalah yang membutuhkan perhatian serius dari para pendidik khususnya bagi mereka yang bekerja bersama anak-anak sekolah dari keluarga yang berpenghasilan redah. Kekurangan vitamin dalam jumlah kecil sekalipun dapat berdampak pada performa pembelajaran. pra-pemaparan terhadap informasi (atau pemaparan terhadap informasi pada tingkat tak sadar) yang kadang disebut pengantar, dapat membuat pelaksanaan pembelajaran selanjutnya berjalan lebih cepat. Semakin besar jumlah stimulus pengantar, semakin banyak otak menyarikan dan memisahkan (membagi) informasi tersebut. Untuk mengoptimalkan pembelajaran bukan hanya lingkungan yang diperkaya (baik mental maupun fisik), tapi otak membutuhkan umpan balik. Umpan balik yang baik yaitu yang bersifat langsung, positif, dan dramatis. Umpan balik memang sangat penting, tetapi tidak harus berasal dari guru

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun