Mohon tunggu...
Aditya Octaviana
Aditya Octaviana Mohon Tunggu... Penulis - Fulltime learner, part-time dreamer.

Hope for the best, but expect less

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

Tips Investasi Saham Syariah yang Wajib Kamu Tahu!

26 Agustus 2022   09:17 Diperbarui: 26 Agustus 2022   09:21 76 6 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber gambar: Freepik.com 

Berbicara tentang keuangan memang tidak ada abisnya. Bagaimana tidak? Semua orang tentu ingin meningkatkan taraf hidupnya ke jenjang yang lebih baik dan mapan. Salah satu untuk mewujudkan hal itu adalah dengan meningkatkan literasi keuangan dan penghasilan. Dari sekian banyak upaya untuk meningkatkan penghasilan, investasi saham adalah salah satunya. 

Kenapa investasi saham dinilai mampu dalam meningkatkan dan mengamankan aset? Hal ini karena profit yang dihasilkan dari investasi saham bisa dibilang cukup besar dan tak tergerus oleh inflasi. Namun, dari sini masih banyak masyarakat yang mempertanyakan soal "apakah investasi saham halal?" 

Tenang saja, saat ini ada investasi saham syariah yang sangat cocok untuk masyarakat Indonesia sebagai penduduk dengan mayoritas muslim. Nah, apa itu investasi saham syariah dan bagaimana tips-tips investasi saham syariah? Untuk lebih jelasnya, silakan simak langsung di bawah ini!

Apa Itu Investasi Saham Syariah? 

Investasi saham syariah adalah investasi yang berbasis aturan-aturan agama islam dengan mengedepankan beberapa hal. Hal-hal tersebut di antaranya emiten tidak bertentangan dengan syariat agama islam, sistem bagi hasilnya sesuai dengan ajaran islam, dan pembagian untung dan rugi juga sesuai dengan ajaran islam. 

Bagaimana Cara Investasi Saham secara Syariah?

Sebenarnya, investasi saham konvensional dengan syariah tidak berbeda jauh. Cara berinvestasi dan bermainnya pun sama. Namun, untuk membeli saham tentu tidak seperti membeli barang biasa pada umumnya. Dibutuhkan beberapa prosedur agar saham yang dipilih sesuai dengan syariat islam. Nah, apa saja cara-cara yang harus dilakukan untuk bisa investasi saham secara syariah? Yuk, simak aja langsung di bawah ini!

1. Kenali Betul Saham yang Ingin Dibeli 

Saham bukan barang biasa yang mudah untuk dibeli. Kamu perlu menganalisis dari segi analisa teknikal dan fundamental agar bisa menilai mana saham yang sebaiknya dibeli atau tidak. Hal ini perlu dilakukan karena investasi saham memiliki profil high risk, high return. Sehingga, risiko yang diperoleh pun cukup tinggi. Oleh karena itu, pelajari betul-betul saham yang ingin dibeli supaya risiko bisa diminimalisir. 

2. Saham Bebas dari Lini Bisnis dan Praktik yang Tidak Sesuai dengan Ajaran Islam 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan