Mohon tunggu...
Tyalolita M
Tyalolita M Mohon Tunggu... Mahasiswi

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Jurusan Bimbingan Konseling Islam

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Layanan Informasi Bimbingan Konseling terhadap Covid-19

12 Agustus 2020   14:57 Diperbarui: 12 Agustus 2020   15:17 98 1 0 Mohon Tunggu...

Assalamu'alaikum Wr Wb...

Salah satu peran atau tugas Bimbigan Konseling dalam masa pandemi ini yaitu memberikan layanan informasi terhadap wabah covid-19. Layanan informasi adalah layanan Bimbingan dan Konseling yang memungkinkan klien menerima dan memahami berbagai informasi yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dan pengambilan keputusan untuk kepentingan klien.

Apa itu Covid-19? Virus severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) adalah virus yang menyerang gangguan pernapasan, mulai dari gejala yang ringan seperti flu, hingga infeksi paru-paru seperti pneumonia dan bahkan menyebabkan kematian. Penyakit karena infeksi virus ini disebut COVID-19. Vrus ini bermula dari penduduk Wuhan, Cina, pada akhir Desember 2019. Proses penularanya sangat cepat melalui antarmanusia bahkan virus ini sudah menyebar ke puluhan negara termasuk Indoenesia. Karena penyebarannya yang sangat cepat, beberapa negara memberlakuan lockdown untuk mencegah virus ini.

Di Indonesia, pemerintah juga menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Covid-19 dapat menyerang siapa saja, tetapi sangat beresiko kepada orang lansia, ibu hamil, perokok, orang yang memiliki penyakit tertentu dan orang yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah. Secara umum, ciri-ciri gejala covid-19 ada tiga yaitu, demam (suhu tubuh di atas 38C), batuk kering dan sesak nafas.

Gejala ini akan mucul dalam 2 hari atau 2 minggu, dan dapat mengisosalsi mandiri dis rumah terlebih dahulu. Jika anda ragu akan gejala tersebut anda bisa hubungi dokter atau ke rumah sakit untuk diperiksa dengan meggunakan Rafid Test atau Pcr.

Lagkah-langkah Mencegah Covid-19, Sampai saat ini, belum ada ditemukan vaksin untuk mencegah infeksi virus Corona penyebab COVID-19. Oleh karena itu, berikut ini langkah-langkah mencegah terinfeksinya dari virus covid-19 menurut ALODOKTER https://www.alodokter.com/covid-19, yaitu:

  • Terapkan physical distancing, yaitu menjaga jarak minimal 2 meter dari orang lain, dan jangan dulu ke luar rumah kecuali ada keperluan mendesak.
  • Gunakan masker saat beraktivitas di tempat umum atau keramaian, termasuk saat pergi berbelanja bahan makanan.
  • Mencuci tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer yang mengandung alkohol minimal 60%, terutama setelah beraktivitas di luar rumah atau di tempat umum.
  • Jangan menyentuh mata, mulut, dan hidung sebelum mencuci tangan.
  • Tingkatkan daya tahan tubuh dengan pola hidup sehat, seperti makan-makanan yang sehat, mengkonsumsi vitamin atau yang tradisional seperti di Indonesia jamu.
  • Hindari kontak dengan penderita COVID-19, orang yang dicurigai positif terinfeksi COVID-19, atau orang yang sedang sakit demam, batuk, atau pilek.
  • Tutup mulut dan hidung dengan tisu saat batuk atau bersin, kemudian buang tisu ke tempat sampah.
  • Jaga kebersihan benda yang sering disentuh dan kebersihan lingkungan, termasuk kebersihan rumah.
  • Dan dalam Islam juga disampaikan bahwasannya kebersihan sebagian dari iman, Quran Surat Al-Baqarah Ayat 222

 وَيَسْـَٔلُونَكَ عَنِ ٱلْمَحِيضِ ۖ قُلْ هُوَ أَذًى فَٱعْتَزِلُوا۟ ٱلنِّسَآءَ فِى ٱلْمَحِيضِ ۖ وَلَا تَقْرَبُوهُنَّ حَتَّىٰ يَطْهُرْنَ ۖ فَإِذَا تَطَهَّرْنَ فَأْتُوهُنَّ مِنْ حَيْثُ أَمَرَكُمُ ٱللَّهُ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ يُحِبُّ ٱلتَّوَّٰبِينَ وَيُحِبُّ ٱلْمُتَطَهِّرِينَ

Arab-Latin: Wa yas`alnaka 'anil-ma, qul huwa aan fa'tazilun-nis`a fil-mai wa l taqrabhunna att ya-hurn, fa i taahharna fa`thunna min aiu amarakumullh, innallha yuibbut-tawwbna wa yuibbul-mutaahhirn

Terjemah Arti: Mereka bertanya kepadamu tentang haidh. Katakanlah: "Haidh itu adalah suatu kotoran". Oleh sebab itu hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haidh; dan janganlah kamu mendekati mereka, sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri

  • Mendekatkan diri kepada Tuhan

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam masa pandemi, banyaknya informasi mengenai covid-19 di media masa menimbulkan beberapa orang memiliki rasa panik dan rasa takut yang berlebihan. Maka dari itu, penting sekali anda ketahui untuk menyaring beberapa berita terlebih dahulu seperti berita-berita hoax yang memengaruhi kesehatan mental seperti rasa panik dan rasa takut yang berlebihan tersebut. Intinya kita harus menjaga diri dan mengikuti protokol kesehatan dan terutama beribadah kepada Tuhan agar terhindar dari wabah virus corona (Covid-19)  ini. Bagaimana cara mengendalikan kecemasan ditengah wabah corona; yang pertama yaitu anda bisa mencari sumber-sumber atau informasi yang dapat dipercara, kedua jaga kesehatan dengan baik, dan berpikir positif.

Semoga bermanfaat. Ayooo Lawan Corona.....

Wassalamu'alaikum Wr Wb

VIDEO PILIHAN