Mohon tunggu...
Tya Iantrianti
Tya Iantrianti Mohon Tunggu... Guru - guru

shooping

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice dengan Pembelajaran Daring dengan Media Games Edukasi Quizizz

7 Oktober 2022   22:43 Diperbarui: 7 Oktober 2022   22:46 389
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

  • REFLEKSI PENELITIAN TINDAKAN KELAS 

Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

 

Lokasi

SMP Shidqia Islamic School


Lingkup Pendidikan

Sekolah Menengah Pertama (SMP)

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa  dalam pembelajaran daring melalui pendekatan PMRI berbantuan media games edukasi quizizz 

Tia Iantrianti, M.Pd

Pelaksanaan

Oktober 2021

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah :

       Pembelajaran daring atau PJJ yang dilakukan di SMP Shidqia Islamic School mulai diberlakukan ketika pandemi covid-19 melanda dunia terutama di Indonesia. Pembelajaran daring atau PJJ  mulai diberlakukan dengan tujuan untuk mengurangi learning loss yang berdampak pada peserta didik. Pada masa pandemic terjadi motivasi peserta didik untuk mengikuti pembelajaran sangatlah kurang karena belum terbiasa mengikuti pembelajaran daring baik dari segi peralatan yang belum mendukung terutama platform untuk tatap maya. Masalah utama juga terjadi pada koneksi jaringan internet yang membuat peserta didik terkadang sulit untuk bergabung pada kelas online.

       Problematika dalam pembelajaran daring tejadi pada awal-awal diberlakukan baik pada peserta didik dan tidak menutup kemungkinan pada gurunya. Pembelajaran yang awalanya tidak biasa membuat guru kebingungan menggunakan model-model pembelajaran untuk memotivasi siswa dalam pembelajaran daring, sehingga guru dalam proses pembelajran kurang inovatif.

        Adapun yang melatarbelakangi masalah penelitian tindakan kelas  yang menjadi kondisi utama pada materi SPLDV saat daring antara lain:

  • Peserta didik kurang termotivasi dalam penyelesaian permasalahan SPLDV
  • Peserta didik kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran dan cenderung teacher center
  • Guru kurang optimal dalam menggunakan media dan  model dalam pembelajaran terutama pada saat daring
  • Permasalahan berkaitan dengan literasi dan numerasi peserta didik kurang

  • Penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dengan media games edukasi quizizz adalah salah satu games edukasi pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran daring. Permasalahan utama dari penelitian tindakan kelas ini terkait permasalahan keaktifan peserta didik yang rendah  pada materi sistem persamaan linear dua variabel dapat dimotivasi dengan menerapkan permasalahan konstektual dalam pembelajaran dan media powerpoint serta alat peraga yang menarik untuk menumbuhkan minat dan motivasi peserta didik dalam belajar daring. Diberikan games permainan quizizz di awal dan diakhir membuat pembelajaran semakin asik dan menarik.
  • Penelitan tindakan kelas ini penting untuk dibagikan sebagai wawasan kepada teman sejawat guru dalam proses pembelajaran daring untuk meningkatkan keaktifan peserta didik saat pembelajaran daring, karena dalam keadaan daring dengan games edukasi quizizz dapat  membuat peserta didik tetap aktif dalam belajar. Penelitian tindakan kelas ini selain memotivasi saya sendiri juga diharapkan bisa menjadi referensi atau inspirasi  bagi rekan guru lain.

  

Tantangan : 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

  • Dari analisis hasil kajian wawancara dan literatur penyebab dari tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu meningkatkan keaktifan peserta didik dengan games edukasi quizizz pada materi sistem persamaan linear dua variabel antara lain:
  • Peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran daring
  • Motivasi belajar peserta didik rendah
  • Guru kurang mengoptimalkan model dan media pembelajaran yang inovatif dan bervariatif termasuk dalam penggunaan TPACK dalam pembelajaran
  • Guru tidak menggunakan alat peraga dalam proses pembelajaran untuk membantu menyelesaikan penyelesaian pada materi SPLDV, sehingga dalam pembelajaran terkesan monoton
  • Dari penyebab di atas tantangan yang dihadapi oleh guru adalah :
  • Guru harus dapat menumbuhkan motivasi dan keaktifan belajar peserta didik melalui proses pembelajaran yang menyenangkan terutama pada saat daring
  • Guru harus mampu membuat matematika lebih real dalam permasalahan konstektual
  • Pemilihan model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan karakteristik materi pembelajaran dan karakteristik peserta didik
  • Pemilihan media yang tepat dalam pembelajaran daring
  • Dilihat dari ketiga tantangan di atas yang terlibat adalah guru dan peserta didik. Dimana guru harus meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang inovatif dan kreatif untuk menumbuhkan keaktifan pada  peserta didik

Aksi : 

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Langkah--langkah yang  dilakukan untuk menghadapi tantangan:

  • Meningkatkan Motivasi peserta didik pada pembelajaran daring dengan materi SPLDV
  • Strategi yang dilakukan guru dalam meningkatkan motivasi siswa adalah dengan merancang pembelajaran yang berpusat pada siswa yaitu dengan model PBL berbantuan LKPD
  • Dalam pembelajaran daring proses pembelajaran diberikan games melalui quizizz supaya peserta didik lebih antusias

  • Pemilihan Pendekatan Pembelajaran materi SPLDV
  • Model pembelajaran yang dipilih saya pada pembelaajran adalah Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dimana model ini efektif untuk meningkatkan keaktifan peserta didik dan membuat peserta didik lebih termotivasi

  • Pemilihan Media pada  Materi SPLDV
  • Media yang saya gunakan powerpoint dan edukasi games quizizz yang dibuat semenarik mungkin sehingga menciptakan pembelajaran yang asik dan menarik

Strategi yang digunakan : Strategi saya dalam penerapan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Iindonesia (PMRI)

Proses: pada proses penerapan pendekatan pembelajaran PMRI dengan berbantuan games edukasi quizizz ini peserta didik diberikan games edukasi quizizz pada post tes dan pre test, sehingga peserta didik dalam mengerjakan soal lebih tertarik dan antusias

Sumber daya atau materi yang diperlukan dalam melaksanakan strateg :

  • Sumber daya: Platform tatap maya (Zoom), & jaringan internet.
  • Materi: modul ajar yang dibuat sendiri, jurnal, internet dan buku pegangan peserta didik

Refleksi Hasil dan dampak 

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Dampak dari aksi dan langkah -- langkah yang dilakukan:

  • Penggunaan games edukasi quizizz menumbuhan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran
  • Penggunaan media powerpoint yang dibuat lebih menarik menumbuhkan motivasi peserta didik dalam belajar
  • Pemilihan model pembelajaran berbantuan LKPD dapat meningkatkan keaktifan peserta didik pada saat proses pembelajaran berlangsung
  • Video animasi dalam orientasi masalah membuat peserta didik sangat antusias dan meningktkan berpikir kritis

Dari dampak yang terjadi di atas dapat disimpulkan untuk aksi yang sudah dipraktikan dalam penelitian  sangat efektif dan bisa menajadi referensi dan inspirasi.

Respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran daring dengan pendekatan PMRI berbantuan media games edukasi quizizz dan diberikan media powerpoint dan modul ajar yang menarik menjadikan pembelajaran memberikan kesan menarik dan membuat pembelajaran lebih hidup dan tidak monoton, didukung dengan permasalahan konstektual pada materi SPLDV memberikan belajar matematika lebih real dan konkrit.

Respon kepala sekolah dan rekan guru terkait kekurangan dalam pembelajaran adalah waktu yang lebih 10 menit dari yang sudah direncanakan di RPP.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun