Mohon tunggu...
Tuhombowo Wau
Tuhombowo Wau Mohon Tunggu... Manusia Biasa

tuho.sakti@yahoo.co.uk

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Mengenal Dokter Terawan, Perwira Tinggi Militer Kedua yang Jadi Menkes

28 Oktober 2019   16:37 Diperbarui: 28 Oktober 2019   16:54 3685 5 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengenal Dokter Terawan, Perwira Tinggi Militer Kedua yang Jadi Menkes
Letnan Jenderal TNI (Purn) Dr. dr. Terawan Agus Putranto saat acara perpisahan dengan jajarannya di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta | Gambar: hariansib.com

Anggota kabinet periode 2019-2024 (34 menteri, 12 wakil menteri, dan 4 pejabat setingkat) sudah mulai menjalankan tugas masing-masing untuk membantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin merealisasikan visi, misi dan program kerja pemerintah.

Salah satu anggota kabinet tersebut adalah dokter Terawan Agus Putranto yang menjabat sebagai menteri kesehatan. Sebelumnya dia adalah Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, yang menjabat sejak 1 Juni 2015 sampai dengan 23 Oktober 2019.

Selama menjabat ke depan, dokter Terawan diberi sejumlah tugas oleh Presiden Jokowi, yaitu mulai dari mengurus masalah stunting hingga tata kelola Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan).

"Urusan stunting, industri kesehatan, layanan kesehatan dasar, tata kelola BPJS berada di wilayah beliau," kata Presiden Jokowi saat memperkenalkan para calon menteri.

Tanpa bermaksud mengesampingkan tugas-tugas lainnya, di awal masa jabatan, dokter Terawan mengaku akan fokus terlebih dahulu mengurus masalah stunting, di mana penanganannya tidak boleh sembarangan.

"Harus dicek, karena setiap daerah mempunyai keunikan untuk mengatasi. Jadi fokus, karena itu kan yang mewujudkan SDM, masa sumber daya manusia dengan kondisi stunting, ya tidak mungkin," tutur dokter Terawan.

Sebagai orang yang berpendidikan tinggi dan berpengalaman mumpuni di bidang kesehatan, tentu dokter Terawan diharapkan mampu menjalankan tugas dan amanah yang diberikan kepadanya dengan penuh tanggung jawab.

Sesuai judul artikel, ada baiknya publik mengetahui lebih dalam sosok dokter Terawan ini. Di samping rekam jejak karirnya di RSPAD, publik perlu tahu juga dari mana dia berasal, perjalanan pendidikan dan pengalamannya, kepribadian khasnya, dan berbagai fakta menarik lain tentangnya.

Pria yang merupakan suami dari Ester Dahlia dan ayah dari Abraham Apriliawan ini lahir di Sitisewu, Yogyakarta pada 5 Agustus 1964, yang artinya sekarang sudah berusia 55 tahun. Dia menamatkan pendidikan di SD Tarakanita Bumijo Yogyakarta (1977), SMP Negeri 2 Yogyakarta (1980) dan SMA Bokpri 1 Yogyakarta (1983).

Karena sejak kecil bercita-cita ingin jadi seorang dokter, akhirnya Terawan melanjutkan pendidikan S-1 di Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dan lulus pada 1990.

Setelah menyelesaikan pendidikan dokter, Terawan memutuskan untuk mengabdikan dirinya di instansi militer Angkatan Darat. Dia kemudian ditugaskan ke beberapa daerah, di antaranya Bali, Lombok, dan Jakarta. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN