Mohon tunggu...
Tsalitsa Nur Royaani .S.
Tsalitsa Nur Royaani .S. Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswi
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Saya adalah mahasiswi Universitas Nasional, konsentrasi Jurnalistik. Saya suka menulis, dan dibidang pemotretan (photography).

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Self Healing, Cara Ampuh untuk Menghilangkan Stres dan Meningkatkan Produktivitas

2 Agustus 2022   11:47 Diperbarui: 2 Agustus 2022   13:03 83 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Semua orang pasti memiliki tekanan serta beban tersendiri demi mencapai apa yang  yang ditentukan. Sehingga sebagian orang mengalami kondisi mental yang baik-baik saja.

Tetapi bila tidak bisa menyikapi beban dengan baik, lambat laun hal itu memicu mental tidak sehat seperti stres dan depresi, seperti halnya yang terjadi pada karyawan.

Dalam kondisi stres atau depresi, karyawan tidak bisa bekerja secara masksimal, dan tentu hal ini akan membuat produktivitas menurun. Padahal dalam bekerja, karyawan dituntut untuk selalu produktif agar sebuah pekerjaan yang diberikan bisa cepat selesai dan melanjutkan tugas-tugas lainnya.

Gejala stres

Dalam buku Stres Kerja oleh Robbins & Coulter (2010), gejala stres meliputi fisik, perilaku, dan psikologis. 

Karyawan yang stres atas pekerjaan akan berpengaruh terhadap fisiknya yaitu timbulnya perubahan dalam metabolisme, bertambahnya detak jantung dan napas, naiknya tekanan darah, sakit kepala, dan potensi serangan jantung.

Selanjutnya berpengaruh pada perilaku karyawan dengan menurunnya produktivitas kerja, ketidakhadiran di tempat kerja (sering izin), perubahan pola makan, peningkatan konsumsi alkohol atau rokok, berbicara cepat, gelisah, dan gangguan tidur.

Selain berpengaruh pada fisik dan perilaku, yang paling utama adalah berpengaruh pada psikologis karyawan membuat lebih menurunnya produktivitas kerja.

Gejala psikologis tersebut meliputi ketidakpuasan kerja, tekanan, kecemasan, lekas marah, kebosanan, dan penundaan. Stres yang berkepanjangan akan berujung pada depresi.

Lantas apa yang harus dilakukan karyawan untuk menjaga kondisi mental agar tetap sehat sehingga kinerja dan produktivitas meningkat?

Satu di antaranya bisa diatasi dengan self-healing. Self-healing sebutan yang sudah tidak asing lagi pada banyak orang. Saat ini sebutan tersebut sedang popular dan ramai di media sosial, yang menunjukkan bahwa seseorang sedang menyembuhkan diri dengan upaya mereka sendiri dengan melakukan hal-hal yang membawa perasaan positif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan