Jual beli merupakan kegiatan tukar menukar barang untuk meraih keuntungan yang dilakukan oleh penjual dan pembeli. Barang tersebut bisa berupa kebutuhan primer, sekunder, hingga tersier. Kegiatan jual beli umumnya dilakukan secara langsung atau tatap muka. Namun semenjak pandemic, semua kegiatan dilakukan dengan jarak jauh, salah satunya berjualan online. Dimana penjual dan pembeli tidak saling bertemu secara langsung, sehingga produk hanya dapat dilihat melalui media.
Tahukah Anda, berjualan online juga memerlukan strategi yang tepat lho agar produkmu bisa laris terjual dengan cepat! Salah satunya yaitu, tampilan yang unik pada halaman bisnismu dapat memberikan first impressions baik, sekaligus dapat menggaet calon pembeli dengan mudah.Â
Apakah Anda tergolong orang yang hobi rebahan tapi pengen punya kekayaan? Kalau iya, yuk simak artikel berikut supaya rebahanmu lebih bermanfaat dengan sukses berjualan online!
1. Buatlah konten yang menarik dan informatif
Kunci utama dari berjualan online adalah konten. Buatlah konten yang menarik dan informatif. Konten tersebut dapat membahas tentang produk yang Anda jual, mulai dari nama produk, harga, kegunaan, plus minus dari produkmu, hingga asalan mengapa pembeli harus membeli produkmu.Â
Selain itu, buatlah konten dengan sedikit menyinggung fenomena yang sedang terjadi di masyarakat. Contoh, saat peringatan hari besar seperti HUT RI, Anda bisa membuat konten yang cocok dengan perayaan tersebut seperti, desain konten dominan menggunakan warna merah putih.
Memang tidak mudah membuat konten, perlu ide dan riset yang mendalam. Namun, kalau konten yang Anda buat selalu variatif, kreatif dan inovatif, maka pembeli akan lebih mudah tertarik dengan tokomu lho! Apakah Anda sudah melakukan tips nomor 1 ini dalam bisnismu?
2. Cantumkan katalog produk dan media penjualan lain
Katalog produk merupakan cara mudah supaya pembeli dapat mengetahui apa yang Anda jual. Buatlah katalog produk yang menarik dan sesuaikan dengan visi misi tokomu. Hal ini dapat menambah tingkat kepercayaan calon pembeli. Dan manfaatkan semua fitur media yang Anda pakai, misal Instagram terdapat fitur highlight yang dapat Anda pakai untuk menyimpan keterangan beserta harga produk.