Mohon tunggu...
Tri Wibowo
Tri Wibowo Mohon Tunggu... Pemerhati Sosial dan Kebijakan Publik

Magister Administrasi Publik, Analis Kebijakan Publik, Pemerhati Sosial, IG: wibowotri_ email: the_three_3wb@yahoo.co.id WA: 0852-5249-2814.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Tak Berinovasi, Siap-siap Gulung Tikar

21 Februari 2019   08:18 Diperbarui: 21 Februari 2019   08:24 456 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tak Berinovasi, Siap-siap Gulung Tikar
Fabuloco.com --edited

Diera globalisasi kita musti paham terkait dengan perubahan dan perkembangan zaman yang ada. Zaman berubah seiring waktu berjalan, jika kita lihat, ada saja perubahan yang terjadi pada setiap era yang kita lalui. Perkembangan teknologi informasi, busana, konstruksi, hingga kuliner. Hal ini juga akan merubah selera pasar sesuai dengan trend yang ada. Lalu apa yang harus kita lakukan dalam menghadapi tantangan tersebut...?

INOVASI

Inovasi adalah jawaban dari itu semua, dari gambar pada artikel ini penulis menampilkan handphone nokia 3310 yang popular pada eranya. Memilikinya saja pada era tahun 2000-an awal sudah sangat prestis sekali, dengan inovasinya kala itu nokia yang merupakan pabrikan asal finlandia merajai dunia ponsel kala itu. 

Namun seolah tak mampu memprediksi perkembangan dan selera pasar inovasi yang dilakukan nokia terhenti, seolah disalip oleh para pesaingnya baik apple, samsung, ataupun blackberry yang naik daun menggusur kedigdayaan nokia. 

Tak heran banyak perusahaan-perusahaan besar sering kali menjadikan nokia sebagai contoh agar bisa dijadikan pelajaran, betapa pentingnya inovasi yang harus dilakukan agar tetap bisa bertahan dengan perkembangan zaman.

SENSITIF MELIHAT PERUBAHAN LINGKUNGAN

Penulis pernah memiliki rekan yang memiliki usaha yang maju di era tahun 2000-an, usahanya hanya jual CD, VCD, dan sejenisnya. memang pada saat itu pasar juga mengarah pada trend tersebut. beranjak ke tahun 2005-an, ditokonya mulai disediakan space untuk usaha counter handphone, karena era telepon selullar memang menggeliat pada masa itu. 

Dan terakhir sekitar tahun 2010 penulis tidak melihat lagi ada CD atau VCD yang ia jual, usahanya berkembang dan fokus di counter handphone saja. Mungkin ini juga adalah salah satu cara yang saya sebut dengan "sensitif melihat perubahan lingkungan". kita juga tidak bisa mempertahankan idealisme kita untuk defense pada suatu kondisi, padahal era sudah berubah, berlari jauh meninggalkan kita. 

LAKUKAN KOMBINASI

Jika di sub pembahasan sebelumnya saya mengatakan bahwa tidak bisa mempertahankan idealisme, dalam sub pembahasan kali ini tak ada salahnya apabila kita melakukan kombinasi pada jenis usaha atau pekerjaan yang kita geluti.

Fungsinya adalah agar apa yang kita lakukan memiliki nilai jual yang tersendiri, berbeda dengan produk pasar pada umumnya, namun tetap kekinian. Hal tersebut juga perlu dilakukan untuk memberi warna tersendiri dalam jenis usaha yang kita lakukan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x