Mohon tunggu...
Try Raharjo
Try Raharjo Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Orang Republik

Subscribe ya dan like channel YouTube punyaku youtube.com/c/indonesiabagus

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Lestarikan Kearifan Lokal dengan Berbagi di Bulan Ramadan

26 April 2022   22:56 Diperbarui: 27 April 2022   03:16 644 9 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Papanmas membagikan paket Sembako sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama di bulan Ramadan. | Dokpri


Seperti kita semua telah ketahui, bangsa Indonesia yang terdiri dari ribuan suku bangsa dengan aneka ragam seni budayanya memiliki kearifan lokal yang tak terkira banyaknya.


Satu di antara kearifan lokal yang dimiliki bangsa Indonesia adalah kebiasaan berbagi kepada tetangga, saudara, dan sesama warga masyarakat pada umumnya.

Tradisi saling berbagi tersebut sudah tumbuh dan berkembang dalam keberagamaan kehidupan sosial suku-suku bangsa yang ada di Indonesia. Kebiasaan saling memberi makanan, jajanan, buah-buahan antar tetangga terdekat di setiap desa atau lingkungan adalah bentuk ungkapan rasa persaudaraan, juga bentuk kerukunan, yang sudah terbangun sejak lama sampai sekarang.

Papanmas sebagai komunitas pegiat seni dan budaya yang ada di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, memiliki visi dan misi untuk melestarikan seni dan budaya bangsa, termasuk pula kearifan lokal yang kita miliki.

Kearifan lokal sebagai bagian budaya dan jatidiri bangsa Indonesia harus dilestarikan,  untuk itu pada sore hari ini Selasa 26 April 2022 Papanmas telah mengadakan kegiatan bakti sosial dengan membagikan bingkisan Sembako kepada warga masyarakat khususnya di lingkungan sekitar Bale Kemambang Jl. Karangkobar Purwokerto.

"Ini adalah salah satu bentuk kepedulian Papanmas kepada masyarakat," terang Ketua Papanmas Rohadi SH M.Si saat saya temui di tengah pelaksanaan kegiatan.

Sementara Sekretaris Papanmas Cipto Subroto mengatakan bahwa kegiatan berbagi Sembako yang dilakukan oleh Papanmas untuk warga masyarakat ini juga bertujuan menyemarakkan bulan suci Ramadan, dan sekaligus untuk melestarikan semangat berbagi yang sudah ada di masyarakat kita sejak dulu kala.

Kegiatan yang dilaksanakan pada sore hari menjelang tiba waktu berbuka puasa tersebut berlangsung semarak dan menarik perhatian warga karena beberapa saat sebelum pembagian Sembako ditampilkan atraksi seni "begalan" yang merupakan satu bentuk warisan budaya di Kabupaten Banyumas. 

Baca: Begalan, Warisan Budaya dari Banyumas

Berikut ini adalah suasana pelaksanaan kegiatan tersebut, yang saya rekam dan ditayangkan langsung melalui YouTube pada sore hari tadi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kisah Untuk Ramadan Selengkapnya
Lihat Kisah Untuk Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan