Mohon tunggu...
Try Raharjo
Try Raharjo Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Orang Republik

www.youtube.com/c/indonesiabagus

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Tekan Penyebaran Covid-19 dengan Vaksinasi dan Disiplin Prokes

29 Juni 2021   08:41 Diperbarui: 29 Juni 2021   08:43 260 7 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tekan Penyebaran Covid-19 dengan Vaksinasi dan Disiplin Prokes
Penulis berfoto di depan photobooth yang ada di lokasi kegiatan vaksinasi, seusai disuntik vaksin Covid-19. | Dokpri


Vaksinasi adalah sebuah ikhtiar atau upaya pencegahan (preventif) dengan memperkuat daya tahan (imunitas) tubuh. Vaksinasi menjadi salah satu upaya penting bagi kita untuk mengurangi laju penyebaran virus, sehingga diharapkan dapat mengurangi lonjakan kasus dan membawa kita lebih cepat keluar dari pandemi.

Dengan melihat pola penyebaran virus Covid-19 yang demikian cepat, sedangkan semua vaksin yang ada sudah memperoleh sertifikasi oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO), lembaga kesehatan dan lembaga keagamaan, baik itu Sinovac, Sinopharm, maupun AstraZeneca maka kita sudah bukan lagi pada tahap meragukan keberadaan virus atau manfaat vaksinasi. 

Untuk menekan risiko penyebaran virus Covid-19, edukasi dan sosialisasi manfaat vaksinasi yang aman dan halal untuk kita semua, juga harus dilakukan dengan tetap menjaga disiplin protokol kesehatan (Prokes).

Dari kerja keras berbagai pihak, target pemerintah untuk melakukan satu juta suntikan vaksin Covid-19 per hari mulai Juli 2021 akhirnya dapat tercapai lebih awal. Beberapa hari yang lalu (26/6/2021), pemerintah mencatat ada 1,31 juta vaksinasi dalam sehari.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut, capaian tersebut terutama ditopang oleh operasi 1 juta vaksinasi yang digelar serentak di seluruh wilayah Indonesia oleh TNI/Polri.

"Terima kasih untuk TNI/Polri, Pemerintah Daerah, BUMN dan pihak swasta yang turut membantu," ujar Budi Gunadi dalam keterangan resmi di laman resmi Kemenkes, 27 Juni 2021.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, target 1 juta vaksinasi per hari tercapai berkat kerja sama semua pihak, antara lain pemerintah daerah, badan usaha milik negara, swasta, dan TNI-Polri. Dalam hal ini Polri telah mengadakan program Serbuan Vaksinasi di kepolisian sektor dan kepolisian resor di seluruh wilayah di Indonesia. Lebih dari 1,261 juta warga memperoleh suntikan vaksin Covid-19 di kantor kepolisian per Sabtu yang lalu.

Presiden Joko Widodo mengapresiasi berbagai pihak yang telah bekerja sama untuk mewujudkan target vaksinasi 1 juta perhari tersebut. Presiden juga memberikan apresiasi kepada warga masyarakat yang telah bersedia disuntik vaksin Covid-19. Selanjutnya Presiden berharap capaian itu bisa lebih ditingkatkan untuk segera memutus rantai penyebaran virus Covid-19.

"Saya mengingatkan bahwa seluruh pihak tetap harus bekerja keras agar target 1 juta perhari vaksinasi terjaga sampai akhir Juli dan dapat kita tingkatkan dua kali lipat pada Agustus 2021 yaitu mencapai 2 juta dosis perhari," tegasnya, seperti dikutip dari Kompas.

Ketersediaan dan logistik vaksin di Indonesia hingga saat ini sudah mencukupi untuk percepatan vaksinasi. Rinciannya, 3 juta dosis vaksin Sinovac dalam bentuk jadi, 91,5 juta dosis vaksin Sinovac dalam bentuk bulk, 8,2 juta dosis vaksin AstraZeneca bentuk jadi, dan 2 juta dosis vaksin Sinopharm dalam bentuk jadi. Hingga Jumat (25/6) lalu, pemerintah telah memvaksinasi sejumlah 38,6 juta dosis vaksin Covid-19.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x