Mohon tunggu...
Try Raharjo
Try Raharjo Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Orang Republik

www.youtube.com/c/indonesiabagus

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Papanmas Gelar Silaturahmi dengan Semangat Gumregah

3 Juni 2021   12:41 Diperbarui: 3 Juni 2021   13:11 216 7 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Papanmas Gelar Silaturahmi dengan Semangat Gumregah
Seorang penyanyi memeriahkan acara silaturahmi budaya yang diadakan Yayasan Papanmas (2 Juni 2021) | Dokpri


Silaturahmi adalah kegiatan saling memaafkan yang dilakukan oleh umat Islam pada umumnya di Indonesia setelah usai menunaikan kewajiban ibadah puasa Ramadan dan melaksanakan salat Idul Fitri. 

Seperti yang bisa kita saksikan di berbagai tempat, tampaknya orang Indonesia memang sangat menyukai kegiatan silaturahmi ini walaupun sebenarnya secara eksplisit tidak disebutkan pada kitab suci Al-Qur'an yang menjadi dasar pengamalan agama Islam. 

Kegiatan silaturahmi atau disebut juga dengan halal bihalal dilakukan oleh bangsa Indonesia berhari-hari bahkan hingga beberapa pekan setelah perayaan Idul Fitri berlalu. Hal ini menunjukkan bahwa sebenarnya masyarakat kita ini pada umumnya memiliki cara pandang yang menurut penulis sangat menghargai makna kembali kepada fitrah, untuk mempererat jalinan rasa persaudaraan di antara seluruh elemen bangsa, yang tentunya terkandung secara hakiki pada ajaran agama Islam.

Kemarin malam hari Rabu tanggal 2 Juni 2021 misalnya, yang terhitung 21 hari setelah Idul Fitri, kegiatan silaturahmi masih juga dilaksanakan. Kali ini kegiatan tersebut dilaksanakan oleh sebuah komunitas bernama Papanmas di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Bertempat di ruang pertemuan Cafe & Resto Oemah Daun Jl. KH Wahid Hasyim 101-103 Purwokerto, dengan mengingat masih dalam suasana pandemi, kegiatan silaturahmi pun dilaksanakan mengikuti protokol kesehatan untuk mencegah Covid-19. Pihak panitia membatasi jumlah peserta hanya 50-an orang saja atau sekitar sepertiga dari daya tampung ruangan dalam keadaan normal.

Kegiatan silaturahmi diadakan dengan melaksanakan protokol kesehatan. | Dokpri
Kegiatan silaturahmi diadakan dengan melaksanakan protokol kesehatan. | Dokpri

Hadir pada kegiatan ini Bp. Destianto Kabid Kebudayaan Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas, Bp. Suwondo Geni Kabag Kesra Kabupaten Banyumas Bp. Rizki Febriansyah SS MA, Kepala UPT Bahasa Unsoed Purwokerto Ibu Ririn Ag, Ketua Lesbumi (Lembaga Seniman Budayawan Muslim Indonesia) Gus I Ang, Mas Grangsang dan Mas Awang dari PT Radio Dian Swara 98.2 FM, Rama Bambang Wadoro selaku Redaktur majalah Ancas, dan sejumlah tamu undangan yang terdiri dari para seniman dan budayawan Kabupaten Banyumas. 

Hadir juga para pembina, sesepuh dan jajaran pengurus Yayasan Papanmas, di antaranya yaitu Bp. Rohadi SH, M.Si., Bp. Warsono SR, Ki Salam Bandreng Asmara, dll.

Papanmas

Papanmas (Pandan Pandom Marsudi Aruming Sastra) adalah komunitas yang memiliki visi yaitu menjaga, merawat dan melestarikan keluhuran budaya Jawa khususnya dalam bidang susastra Jawa. 

Papanmas didirikan oleh para pranatacara atau pemandu acara / upacara yang menggunakan susastra Jawa sebagai bahasa pengantar dan berkomunikasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN