Mohon tunggu...
Try Raharjo
Try Raharjo Mohon Tunggu... Jurnalis

Berusaha lebih baik

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Memahami Masa Lalu sebagai Bekal Menghadapi Masa Kini dan Masa Depan

2 Agustus 2020   22:19 Diperbarui: 3 Agustus 2020   12:54 112 16 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Memahami Masa Lalu sebagai Bekal Menghadapi Masa Kini dan Masa Depan
Penulis (kelima dari kiri) bersama komunitas seniman dan budayawan Banyumas. | Dokpri

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa-jasa pahlawannya. Oleh karena itu Bung Karno bahkan pernah berpesan agar jangan sekali-kali melupakan sejarah.

Memahami sejarah bangsa dan mengetahui apa yang terjadi pada masa lalu memang penting. Ini menjadi cara bagi sebuah bangsa untuk mengenali jatidirinya, juga merupakan upaya memahami bagaimana proses perjalanan para pendahulu dalam mewujudkan identitas bangsa. 

Dengan mengetahui dan memahami sejarahnya, masyarakat dapat memberdayakan potensi-potensi dan sumberdaya yang dimilikinya.

Membentuk karakter bangsa

Memahami sejarah pada hakikatnya menjadi salah satu upaya untuk mengetahui sikap dan kepemimpinan tokoh bangsa agar dapat memetik hikmah maupun pelajaran berharga yang telah terjadi.

Tidak hanya terhadap sejarah nasional, generasi muda sebaiknya juga mengenal sejarah maupun riwayat tokoh-tokoh masyarakat di daerahnya. 

Dengan memahami sejarah bangsanya sendiri, dan mengenali tokoh daerahnya, generasi muda dapat lebih mencintai tanah airnya. Hal ini akan berpengaruh positif dalam pembentukan karakter bangsa, dan mendorong untuk lebih berperan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sebagai upaya untuk memperkenalkan sejarah Banyumas kepada generasi muda setempat, komunitas seniman dan budayawan Banyumas pada akhir bulan kemarin telah mengadakan kegiatan sarasehan yang membedah sejarah Banyumas. 

Berikut di bawah ini adalah video kegiatan sarasehan tersebut. Semoga bermanfaat.


VIDEO PILIHAN