GERAKAN BELANJA SEDEKAH: DARI KONSUMTIF MENJADI PRODUKTIF
Gagasan mengenai Belanja Sedekah yang diinisiasi oleh PT Shaama Raya Indonesia, yang berkantor di Kretek Kidul RT 001, Desa Jambidan, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul, DIY 55195 merupakan sebuah gerakan berbasis komunitas. Yaitu kegiatan mengonsumsi kebutuhan harian rumah tangga (homecare) dari yang bersifat konsumtif menjadi bersifat produktif. Bahkan, tidak hanya produktif di dunia saja, tapi produktif hingga kehidupan akhirat.
Kalau selama ini kita berbelanja sebatas mengonsumsi barang semata, dalam arti setelah transaksi jual-beli, maka urusan selesai. Pembeli mendapatkan barang yang dibutuhkan, sedangkan penjual mendapatkan keuntungan dari selisih harga. Dalam hal ini, konsumen hanya sekedar menghabiskan uang mereka. Mencari uang lagi, berbelanja lagi. Demikian seterusnya.
Berbeda dengan konsep yang ditawarkan oleh Belanja Sedekah di mana kita tetap mengonsumsi barang-barang kebutuhan sehari-hari seperti biasanya, di sisi lain uang yang kita belanjakan bisa menjadi berkembang (produktif).
Mengapa demikian?
Belanja Sedekah menawarkan 5 keuntungan bergabung di komunitas ini, atau yang biasa dikenal dengan Belanja Sedekah Network (BS-Net), yaitu:
1. Sedekah 2,5% per produk yang dibeli
Ini menjadi filosofi utama dari gerakan Belanja Sedekah. Kalau kita diminta untuk bersedekah secara langsung, biasanya kita merasa berat. Akan tetapi, apabila sedekah itu kita ikutsertakan dalam kegiatan belanja harian, maka tidak akan terasa berat. Bahkan, kita seringkali tidak menyadarinya. Ini menjadi produktif, sebab sedekah yang kita berikan dapat disalurkan kepada siapapun yang membutuhkannya. Termasuk dari anggota komunitas sendiri dapat mengusulkan siapa-siapa yang akan diberikan bantuan. Terlebih jika sedekah itu disalurkan untuk fasilitas umum seperti tempat ibadah, rumah sakit, sekolah, panti sosial, dll. Pahalanya akan terus mengalir kepada kita selama fasilitas umum tersebut bermanfaat bagi orang banyak.
2. Diskon hargaÂ
BS-Net memberikan diskon harga kepada anggota baru yang melakukan aktivasi. Diskon harga yang diberikan berbeda-beda, tergantung dengan paket pembelian yang dipilih. Setiap tiga bulan sekali, anggota diminta untuk melakukan reaktivasi dengan cara membeli paket kembali, atau akumulasi dari repeat order selama 3 bulan.