Mohon tunggu...
TRI DJOKOSUSILA
TRI DJOKOSUSILA Mohon Tunggu... Guru - GURU

Menuluis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice

5 Februari 2024   18:00 Diperbarui: 5 Februari 2024   18:07 91
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Penulis                              : Tri Djoko Susila

Lokasi                                : SMKS Muhammadiyah 2 Sragen

Lingkup Pendidikan    : Sekolah Menenggah Kejuruan Kelas XII TP 2

Tanggal                             : 23 Januari 2024

Best Practice

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi,Tantangan, Aksi Refleksi Hasil Dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan PesertaDidik Dalam Pembelajaran


Tujuan yang ingin dicapai adalah:

Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan media slit PPT,diskusi kelompok dan LKPD (proyek) untuk meningkatkan Hasil belajar dan keaktifan peserta didik Mapel TPF XII pada materi KD 3.10 Menerapkan prosedur teknik pengefraisan untuk berbagai jenis pekerjaan KD 4.10 Menyaji prosedur pembuatan Holder Pahat ½”

Situasi

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah pada praktik ini adalah:

Setelah dilakukan PPL 1 yang tujuannya meningkatkan antusias belajar peserta didik, maka mulai kelihatan peserta didik meningkat antusias belajarnya.Hal itu karena pada PPL 1 menggunakan model pembelajaran PBL berbantuan media TIK(slit PPT).Sebelum kegiatan PPL ini yang dilakukan,guru masih menggunakan pembelajaran yang konvensional dan monoton saja tanpa ada sintaksnya,pada PPL1 guru juga baru pertama menggunakan  model pembelajaran yang inovatif sehingga dalam menerapkan pada kegiatan pembelajaran kurang maksimal yang mempengaruhi hasil belajar dan keaktifan peserta didik masih kurang.

Berdasarkan latar belakang tersebut dapat disimpulkan bahwa,penerapan model pembelajaran guru yang belum maksimal berpengaruh terhadap hasil belajar dan keaktifan peserta didik masih kurang.maka pada PPL 2 guru menerapkan model pembelajaran Project Based Learning berdasarkan karakteristik materi pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar dan peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran,termasuk motivasi dan antusias diharapkan semakin meningkat lagi.

Praktik ini penting untuk dibagikan, peran dan tanggung jawab guru dalam praktik ini adalah:

  • Kebermanfaatan PPG ini sebagai upgrading bagi kami para guru yang telah lama hanya berkutat menggunakan pembelajaran yang monoton saja.Sehingga guru merasa peran dan tanggung jawab dalam melaksanakan pembelajaran yang profesional ini menjadi sebuah keharusan di masa depan, mengingat tantangan dan tanggung jawab generasi ke depan semakin besar,oleh karena itu dibutuhkan cara dan model pembelajaran yang mampu mengakomodir kemampuan 4C.
  • Maka guru merasa pengalaman praktik baik ini perlu dibagikan agar dapat menjadi motivasi, pembelajaran dan tentu bahan koreksi utamanya saya sendiri dan rekan guru yang lain untuk perbaikan ke depannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun