Mohon tunggu...
T. Astari
T. Astari Mohon Tunggu... Freelancer - -

Seorang bibliophile yang sedang dalam proses menulis, ingin menjelajahi pengalaman, belajar, dan berkembang.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Menemukan Identitas: Eksplorasi Budaya Sumatera Utara di Wikipedia

23 Maret 2024   10:19 Diperbarui: 14 April 2024   06:23 51
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Generated with AI (www.bing.com)

Perkenalanku dengan Wikipedia Bahasa Indonesia bagaikan sebuah serendipity. Awalnya, Aku hanya ingin mencari informasi tentang kepenulisan di media sosial. Tanpa disengaja, aku menemukan informasi tentang WikiLatih, sebuah kegiatan pelatihan penyuntingan Wikipedia. Rasa ingin tahu mendorong untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Saat itu, pengetahuan tentang Wikipedia sangat terbatas. Aku hanya tahu bahwa Wikipedia adalah ensiklopedia online yang selalu muncul di halaman pertama hasil pencarian. Namun, setelah mengikuti WikiLatih, wawasan aku tentang Wikipedia terbuka lebar. Aku belajar tentang berbagai proyek Wikimedia, seperti Wikisource, Wikimedia Commons, Wikidata, dan Wikibooks. Aku juga memahami tentang budaya Wikimedia yang mengedepankan ruang ramah dan inklusif bagi semua orang.

Semangat untuk berkontribusi di Wikipedia semakin besar setelah aku bertemu dengan para sukarelawan Wikimedia Indonesia yang aktif di Medan. Bersama-sama, kami mendirikan Komunitas Wikimedia Medan pada tanggal 20 Mei 2023.

id.wikipedia.org/wiki/Tari_Balanse_Madam
id.wikipedia.org/wiki/Tari_Balanse_Madam

Kecintaan aku terhadap budaya semakin bertumbuh seiring dengan aktivitas di Wikipedia. Proses merintis dan menyunting artikel tentang budaya, seperti Tari Balanse Madam, membuka mata terhadap kekayaan budaya Sumatera Utara. Aku belajar tentang berbagai suku dan etnis yang mendiami wilayah ini, dan bagaimana mereka melestarikan budayanya masing-masing.

Meskipun keturunan Jawa, aku dibesarkan dalam lingkungan multi-etnis di Sumatera Utara, yang memunculkan krisis identitas. Di satu sisi, aku ingin memelihara warisan budaya Jawa dari leluhur, tetapi keterbatasan pengetahuan tentang budaya tersebut membuat aku merasa kehilangan. Di rumah, bahasa yang digunakan adalah Bahasa Indonesia, meninggalkan aku merasa terhubung dengan budaya tersebut. Di sisi lain, aku juga merasa memiliki tanggung jawab untuk memperkenalkan budaya Sumatera Utara.

Bagiku, Wikipedia Bahasa Indonesia bukan sekadar platform untuk berbagi pengetahuan, melainkan tempat di mana aku menemukan identitas diri dan menyelesaikan tantangan yang dihadapi. Meskipun perjalanan mengekalkan budaya di Wikipedia Bahasa Indonesia masih jauh, aku yakin dengan semangat dan kerja sama sukarelawan Wikimedia Indonesia, kita dapat mengembangkan lebih banyak artikel tentang budaya Sumatera Utara dan memperkaya pengetahuan tentang kekayaan budaya Indonesia. Ayo bersama-sama membebaskan pengetahuan!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun