Mohon tunggu...
Trian Ferianto
Trian Ferianto Mohon Tunggu... Blogger

Menulis untuk Bahagia. Penikmat buku, kopi, dan kehidupan. Senang hidup nomaden: saat ini sudah tinggal di 7 kota, merapah di 5 negara. Running my blog at pinterim.com

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Artikel Utama

Daripada Salah Profesi, Temukan Passion Anda dan Jadikan Bisnisnya!

26 Maret 2021   16:45 Diperbarui: 27 Maret 2021   05:39 319 24 8 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Daripada Salah Profesi, Temukan Passion Anda dan Jadikan Bisnisnya!
medium.com

Hasil riset dari situs karir qerja menyebutkan bahwa 68,4 persen karyawan tidak puas dengan pekerjaannya atau salah profesi. Itu artinya hanya sedikit para pekerja yang puas dan bahagia dengan pekerjaan yang dilakukan sekarang. Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari diterima kerja karena terpaksa, melamar pekerjaan dengan cara untung-untungan, hingga karena tidak sesuainya pekerjaan yang didapat dengan studi yang pernah dijalani.

Anda temasuk yang mana? Mengapa Anda tidak mencoba menemukan bisnis sampingan yang sesuai dengan passion Anda?

Dengan menjalankan bisnis yang sesuai dengan passion/minat, Anda akan memiliki daya tahan untuk terus menjalani prosesnya hingga mencapai kesuksesan. Tentunya Anda menjadi lebih bahagia dalam menjalani karir.

Kali ini saya akan memberikan panduan menemukan tema bisnis yang pas untuk Anda dan melakukan riset sederhana apakah 'ada pasar' yang membutuhkan keahlian Anda.

Cara Menemukan Apa yang Sebenarnya Anda Sukai

Menemukan apa yang benar-benar Anda suka, kemudian mengkomunikasikannya kepada audience Anda, adalah cara yang paling mudah untuk memulai bisnis. Mengapa? Sebab Anda senang menjalani prosesnya, dan Anda senang berhubungan dengan orang-orang yang memiliki minat sama.

Problemnya, kita belum secara tegas mengetahui apa sebenarnya minat kita.

Saya pernah merasakan sendiri betapa 'tersiksanya' menjalani pekerjaan yang tidak sesuai dengan passion saya, dan memimpikan suatu saat akan menjalani proses berkarya hari demi hari sesuai passion serta membuat karya dan sejarah sebelum kita mati.

Namun berdasarkan panduan ini saya mulai menentukan apa yang saya mau dan menjalaninya.

Berikut ini indikator yang bisa Anda gunakan untuk menemukan apa sebenarnya panggilan jiwa Anda. Apa sebenarnya yang Anda minati.

Formula 4E

Saya mendapatkan formula ini saat menghadiri seminar Fitrah Based Education oleh pakar parenting Hary Santoso M.Si, yang di dalamnya membahas bahwa saat kita terlahir di dunia, sudah terinstall karakteristik unik sebagai modal untuk menjalankan misi kehidupan.

Karakter itu yang disebut fitrah dan kemudian berwujud menjadi suatu passion. Formula 4E itu adalah: Enjoy, Earn, Easy, Excellent.

1. Enjoy

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN