Mohon tunggu...
Trian Ferianto
Trian Ferianto Mohon Tunggu... Blogger

Menulis untuk Bahagia. Penikmat buku, kopi, dan kehidupan. Senang hidup nomaden: saat ini sudah tinggal di 7 kota, merapah di 5 negara. Running my blog at pinterim.com

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

10 Rumus "Gampang Cari Uang dengan Menulis Opini"

2 September 2019   23:35 Diperbarui: 2 September 2019   23:50 0 4 1 Mohon Tunggu...
10 Rumus "Gampang Cari Uang dengan Menulis Opini"
Cover Buku 'Gampang Cari Uang dengan Menulis Opini | Dok. pribadi

Terus terang, saya masih lanjut memperbaiki kualitas tulisan saya, terutama perihal penulisan opini. Apa yang saya lakukan selama ini 'asal nulis' saja semata untuk membiasakan diri terlebih dahulu dengan aktivitas tulis menulis, aktivitas yang sempat lama vakum tidak saya lakukan dengan serius.

Prinsip 'asal menulis' ini supaya saya tidak terbebani dengan perihal tetek bengek rumus-rumus kepenulisan yang bisa-bisa membuat saya tidak jadi memproduksi sebuah artikel utuh. Makanya, saat saya merasa sudah siap diberikan patokan-patokan, saya mulai mencari buku-buku yang memang khusus membahas tentang penulisan opini. Dan ketemulah buku ini.

Saya menilai, buku ini cukup cocok untuk dijadikan panduan awal dalam penulisan sebuah opini. Iswadi Suhari, penulis buku ini, walk the talk terhadap apa yang disampaikan.

Iswadi benar-benar menceritakan pengalaman dan proses kreatifnya dalam menulis sebuah opini untuk dimuat di media massa nasional.

Jika barometer kualitas penulis opini jempolan adalah yang bisa menembus kolom opini halaman 6 dan 7 Harian Kompas, maka Iswadi pun telah lulus tantangan itu. Maka patut kita 'dengar'kan apa yang disampaikannya.

Buku ini tidak disajikan dalam bab per bab, melainkan seperti serangkaian artikel pendek yang membentuk satu tema. Artikel pendek itu mewakili satu langkah yang harus dilalui seorang penulis opini berikut dengan beberapa studi kasus hasil pengalaman penulis buku ini.

Buku ini bisa dibaca cepat sehari selesai dan mendapatkan intisarinya. Di sisi lain, buku ini juga bisa dibaca perlahan untuk menemani proses penulisan opini kita, sebab tiap detilnya seringkali berisi tips praktis yang bisa langsung digunakan.

Dus, secara garis besar panduan menulis opini versi buku ini adalah:

1. Niat yang Powerful

Niat orang menulis bisa bermacam-macam, namun pilihlah niatan yang paling kuat sehingga memberikan Anda energi menuntaskan artikel opini yang sudah Anda rencanakan.

Niat ini bisa karena keinginan berbagi, mengedukasi, narsis, ketenaran, atau bahkan finansial. Pokoknya, pilih niat yang paling bisa menggaransi Anda menyelesaikan perjalanan mulai dari awal hingga akhir artikel selesai.

Penulis buku ini mewanti-wanti, niatan yang kurang kuat bisa mengakibatkan tulisan kita macet di tengah jalan dan tidak akan pernah selesai.

2. Benchmarking/Mencontek

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
KONTEN MENARIK LAINNYA
x