Mohon tunggu...
Tria Andita
Tria Andita Mohon Tunggu... -

Female.. 24 years old.. Im Customer Service Officer (CSO) Call Center PLN 123

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Kami, Garda Terdepan Pengaduanmu

25 Oktober 2016   21:41 Diperbarui: 26 Oktober 2016   16:02 240
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 

Tak terasa waktu berlalu sudah hampir 3 tahun menjadi bagian dari Customer Service Officer (CSO) Inbond Call Center PLN 123 sejak saya bergabung 13 November 2013. Mungkin ini adalah salah satu call center yang tersibuk dengan jumlah pelanggan terbanyak dari semua kalangan masyarakat. Saya bangga telah menjadi bagian pelayan masyarakat dari perusahaan negara tercinta PT PLN (Persero). 

“PLN 123 selamat pagi dengan Tria bisa dibantu?’’ itu salam pembuka yang selalu kami (saya dan seluruh rekan cso inbond) ucapkan setiap ada dering masuk di layar monitor. Hanya headset dan seperangkat komputer teman kami bekerja. Bukan sekali, bukan dua kali, tapi tentunya puluhan transaksi kami per orang per hari. Siapa Anda di balik suara itu ? Kami tidak tahu. Apa masalah Anda saat menghubungi kami ? Kami pun tidak tahu. Namun semua sama, Anda adalah pelanggan PLN dan kami melayani seluruh pelanggan PLN tanpa adanya perbedaan. 

"Hallo..  PLN yaa. Aduhh ko listrik saya dirumah yang Bintara mati sihh.  Nyalain dong cepetan ya.  Klik (telepon tertutup). 

Terkadang masih ada pelanggan yang tiba-tiba menghubungi hanya berbicara seperti ini tanpa memberikan data kelengkapan untuk pembuatan laporan. Ruang kerja kami bukan ruang pengatur yang berisi sakelar on/off listrik dirumah Anda. Mohon maaf sekali, tidak bisa kami tindaklanjuti jika Anda saja tidak dapat kami data. Taukah Anda, kami bukan dukun atau cenayang yang saat Anda menghubungi langsung mengetahui siapa dan apa permasalahan Anda? Bagaimana kami akan membantu jika memberi data pun anda tak mau. Terkadang berkata kasar, sindiran dan penuh cacimakian sering kami terima. Sakit hati? Awalnya iya. Namun lama kelamaan kami telah terbiasa dan semua kami terima. Selantang apapun suara Anda, kami tetaprendahkan hati dan stabilkan suara serta berharap agar amarah pun mereda. Saatanda mau bicara dan berikan data kami akan tindak lanjuti segera. 

Listrik anda padam berjam-jam? Laporan anda berulang kali belum ditangani? Litrik anda diputus karena tunggakan? Rekening tiba-tiba melonjak? Ingin tahu bagaimana perhitungan rekening? Invoice belum diterima? Ada tetangga nyolong listrik? Ingin mengajukan proses Pasang Baru, Tambah Daya atau Pasang Sementara untuk pesta? Atau ada calo yang mengatasnamakan PT PLN? Apapun pengaduan Anda baik berupa informasi, pelaporan gangguan dan keluhan, maupun permohonan layanan niaga (PB/PD/PS) kami layani sepenuh hati. Kami siap menjadi garda terdepan bagi Anda pelanggan PLN, karena melayani Anda adalah tugas kami dan kebangaan tersendiri saat masalah bisa tertangani. 

Bekerja shifting, online 24 jam sehari dan 7 hari seminggu merupakan salah satu ujian kami. Tidak kenal hari Sabtu, Minggu bahkan libur nasional seperti Hari Raya pun kami bekerja.Tapi kami tidak sendiri, tentunya rekan-rekan PT PLN dari divisi lain punbanyak yang serupa. Bismillah. Kerja kan juga ibadah. 

Berkerja di perusahaan pelayanan itu harus multi tasking. Saat bertransaksi, kami harus bisa berbicara langsung dengan Anda para pelanggan serta harus langsung memberikan informasidan solusi sesuai dengan kebutuhan tak lupa harus menuangkannya dalam bentuk  laporan selengkap mungkin untuk ditindaklanjuti ke area pelayanan sesuai dengan lokasi. Selesai bertransaski pun, telepon lain akan langsung menanti.

Semoga informasi yang kami berikan pada saat bertransaksi via telepon sesuai dengan kebutuhan Anda dan dapat memberikan manfaat. Berikut ini campaign integritas dan salam penutup yang kami sampaikan jika telah selesai bertransaksi “Untuk membangun Indonesia bersih, mohon tidak memberikan tip atau tambahan biaya kepada petugas kami. Terima kasih telah menghubungilayanan 24 jam PLN 123. Selamat pagi Pak..”

Selamat Hari Listrik Nasional ke-71 

“Kerja Nyata Terangi Negeri” 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun