Mohon tunggu...
Tria HestiWiraningtyas
Tria HestiWiraningtyas Mohon Tunggu... saya adalah seorang mahasiswi Universitas Muhammadiyah Malang, saat ini saya sedang melakukan kegiatan Pengabdian Mahasiswa (PMM), saya disini sebagai koordinator dari kelompok 4 gelombang 1 PMM UMM Kelurahan Gadang Kota Malang

saya adalah seorang mahasiswi Universitas Muhammadiyah Malang, saat ini saya sedang melakukan kegiatan Pengabdian Mahasiswa (PMM), saya disini sebagai koordinator dari kelompok 4 gelombang 1 PMM UMM Kelurahan Gadang Kota Malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Mahasiswa PMM UMM Bersama Kader Posyandu RW 05 Kelurahan Gadang, Kota Malang Memanfaatkan Lahan Kosong untuk "Tanam Toga"

23 April 2021   23:16 Diperbarui: 24 April 2021   00:10 28 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa PMM UMM Bersama Kader Posyandu RW 05 Kelurahan Gadang, Kota Malang Memanfaatkan Lahan Kosong untuk "Tanam Toga"
Menanam TOGA bersama Kader Posyandu

Meletakkan TOGA pada tempat yang telah disediakan.
Meletakkan TOGA pada tempat yang telah disediakan.

Pengabdian Pada Masyarakat Oleh Mahasiswa (PMM) Gelombang I Kelompok 4 Universitas Muhammadiyah Malang dengan dosen pembimbing lapang yaitu Ibu Lilis Setyowati, M.Sc menggelar Tanam Toga Melaksanakan Praktik Pembuatan Rempah-Rempah Mengandung Khasiat Daya Tahan Tubuh dalam menghadapi Pandemi Covid -- 19 tentang budidaya rempah-rempah tradisional yang mengandung obat herbal untuk stamina daya tahan tubuh bersama ibu-ibu PKK RW 05 Kelurahan Gadang, Kota Malang. Diselenggarakan pada hari Jumat, 12 Maret 2021 di perempatan RT 4/RW 5 Kelurahan Gadang, Kota Malang.

Berbagai negara mengalami ketidakstabilan sektor ekonomi akibat krisis yang ditimbulkan oleh pandemi Covid-19, tak terkecuali Indonesia. Tercatat pada kuartal II 2020 pertumbuhan ekonomi melambat dan berkontraksi hingga minus 5,32 persen secara tahunan. Kontraksi terdalam dialami sektor konsumsi rumah tangga. rumah tangga merupakan pelaku ekonomi terkecil dan terpenting, mengingat semua kegiatan ekonomi berawal dari sana. "Rumah tangga Indonesia yang terdampak terdapat dua sisi secara bersamaan, yaitu kontraksi pendapatan dan keterbatasan ruang konsumsi."

Dengan adanya kegiatan yang dilakukan oleh kelompok PMM UMM 4 Gadang, , merupakan pelopor dalam pembuatan Tanam Toga di RW 05 Kelurahan Gadang, Kota Malang yang mayoritas pekerjaan dari warganya sebagai petani, pedagang. Kader PKK sebagai perwakilan warga di desa tersebut mengikuti penanaman secara hidroponik dengan penuh antusias. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini warga bisa memanfaatkan lahan yang ada di area rumahnya sebagai media menanam secara hidroponik untuk memenuhi kebutuhan stamina dalam tubuh akan obat-obatan tradisional Sehingga dapat meringankan pengeluaran untuk kebutuhan konsumsi sehari -- hari dan mengurangi konsumsi obat farmakologi.

Pada pelaksanaan penyuluhan ini dihadiri oleh 18 ibu-ibu PKK RW 05 Kelurahan Gadang, Kota Malang. Mengingat adanya protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang harus diikuti yaitu tetap memakai masker, jaga jarak serta sering mencuci tangan dengan baik dan benar. Selain ibu-ibu PKK dibantu juga oleh ibu-ibu Kader Posyandu.

Kegiatan Tanam Toga ini dilakukan dengan cara penyemaian benih, penanaman bibit, dan pemeliharaan tanaman hidroponik sampai tahap panen. Selain itu, ibu-ib PKK dan Ibu- ibu Kader Posyandu juga saling membantu mengajak warga yang hadir untuk mempraktekkan secara langsung pembuatan tanaman rempah-rempah tradisional. Selama kegiatan, ibu-ibu PKK dan Kader Posyandu sangat antusias untuk membuat tanaman yang memanfaatkan botol bekas dengan media bentuk bunga. Bibit yang digunakan pada saat pembuatan tanaman ini seperti jahe, kunyit, temulawak, pecut kuda.. Setelah kegiatan Tanam Toga berakhir kami memberikan Sekam untuk ibu-ibu PKK dan Kader Posyandu agar dapat ditanam sendiri. pasca kegiatan Tanam Toga ini diharapkan ibu-ibu pkk dan kader posyandu dapat mengaplikasikan sendiri di rumah masing - masing dengan berbagai macam rempah-rempah tradisional untuk meningkatkan stamina tubuh dan juga meringankan pengeluaran harian mereka. Selain itu diharapkan para ibu -- ibu kader pkk dan kader posyandu membagi ilmu tentang cara bercocok tanam rempah-rempah tradisional kepada orang - orang disekitar mereka. Agar terciptanya ketahanan ekonomi rumah tangga dalam menghadapi pandemi Covid- 19.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x