Mohon tunggu...
Tri Cahyono
Tri Cahyono Mohon Tunggu... Guru - guru

seputar anak berkebutuhan khusus

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Penggunaan Media Papan Tempel Diriku pada Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita

4 Desember 2022   14:23 Diperbarui: 4 Desember 2022   14:43 119
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Anak berkebutuhan khusus adalah anak yang memiliki keistimewaan dalam kemampuan intelektual dan kognitif yang berada di bawah rata-rata dibandingkan anak pada seusianya. 

Kondisi ini biasanya terdeteksi sejak usia dini. Dengan adanya hambatan intelektual pada anak tunagrahita maka perlu adanya layanan atau penanganan sesuai karakteristik yang dimiliki anak.

Nah, disini penulis untuk mengenalkan nama dan fungsi anggota tubuh anak tunagrahita dengan menggunakan media papan tempel diriku. Alasan menggunakan media ini karena menurut penulis media papan tempel diriku mudah dibuat dan mudah digunakan oleh anak tunagrahita. 

Cara menggunakan media papan tempel diriku dalam pembelajaran yaitu dengan cara guru menunjukkan media papan tempel diriku, guru menunjukkan contohnya, guru mendemostrasikan cara menggunakan media papan tempel diriku, anak tunagrahita menggunakan media papan tempel diriku secara bersama-sama, anak tunagrahita menggunakan media papan tempel diriku secara mandiri sesuai contoh dan instruksi dari guru. 

Dengan anak tunagrahita terlibat langsung dalam menggunakan media papan tempel diriku akan memberikan pengalaman langsung dalam pembelajaran, mudah diingat oleh anak, dan melatih koordinasi motoriknya.

Dokpri
Dokpri

Untuk materi mengenalkan nama dan fungsi anggota tubuh, penulis menyesuaikan karakteristik yang dimiliki anak tunagrahita dengan cara menyederhanakan materi bacaan dan memberikan materi sesuai kemampuan kognitif anak. Sehingga anak tunagrahita tertarik dan penasaran dalam materi pembelajaran yang diberikan oleh guru.

Dokpri
Dokpri

Dengan menggunakan media papan tempel diriku yang sudah dilakukan penulis dalam kegiatan pembelajaran. Media ini mampu meningkatkan semangat belajar, memberikan pengalaman langsung, meningkatkan keaktifan dalam pembelajaran, serta melatih koordinasi motorik anak tunagrahita.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun