Mohon tunggu...
Toto Karyanto
Toto Karyanto Mohon Tunggu... Bukan yang banyak pasti baik, tapi yang baik pastilah yang banyak.

Orang biasa

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Menjajal Kereta Joglosemarkerto-PP untuk Kunjungan Singkat

19 Oktober 2019   19:22 Diperbarui: 19 Oktober 2019   19:24 0 5 1 Mohon Tunggu...
Menjajal Kereta Joglosemarkerto-PP untuk Kunjungan Singkat
KA Joglosemarkerto tengah menunggu waktu pemberangkatan dari Stasiun Solo Balapan. Dokpri.

Perjalanan Pergi (berangkat)

Setelah memendam rasa penasaran hampir setahun, akhirnya saya berkesempatan nyoba KA Joglosemarkerto yang berangkat dari stasiun Kebumen jam 12.19 WIB untuk mengikuti kegiatan keolahragaan di Kota Solo pada malam hari pada Jumat, 18 Oktober 2019 kemarin bersama dua rekan dari Perkemi Kabupaten Kebumen yang akan mengikuti gashuku dan Ujian Kenaikan Tingkat di Gedung Student Center Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS). 

Meski harus mengorbankan keutamaan kewajiban bagi muslim lelaki, kereta berangkat sesuai jadwal yang tertera di lembar tiket. Begitu masuk ke gerbong ekonomi, hati ini mulai berbunga. 

Dengan komposisi kursi 2 - 2 , bayangan kenyamanan dalam perjalanan jarak yang tak terlalu panjang tapi lebih dari jarak pendek, kereta mulai berangkat dari stasiun yang tengah berbenah. 

Sampai di Stasiun Prembun, kereta menaik-turunkan penumpang sebelum memasuki stasiun besar Kutoarjo. Tak perlu waktu lama untuk berhenti di stasiun kecil itu. Hanya sekitar satu setengah sampai dua menit. 

Boleh dikata, pemilihan moda kereta api karena alasan 3 M (murah, meriah dan mudah). Dengan harga tiket 60 ribu rupiah, saya dan temans bisa menjangkau titik tuju dalam waktu relatif singkat. 

Sekira 2 jam 40 menit, rentang waktu yang sulit disamai oleh moda transportasi darat lain. 

Baik bus AKAP maupun kendaraan pribadi karena jalan raya Wangon - Purworejo sedang dilakukan pengecoran yang sangat memakan waktu dengan anteran panjang dan lama pada sebagian besar putaran waktu. Bisa dibayangkan berapa banyak ongkos tambahan yang harus dikeluarkan jika ada tiga titik kemacetan saja.

Tiket pergi. Dokpri
Tiket pergi. Dokpri
Meriah, naik kereta saat ini nampaknya kian jadi trend gaya hidup semua kalangan karena keberadaan ponsel pintar dan kemudahan akses internet. 

Dari percakapan para penumpang di ruang tunggu stasiun, kita dengan meudah menangkap pesan itu. Dan M yang terakhir yaitu mudah, karena kita punya banyak pilihan mendapatkan tiketnya. 

Dengan membeli di loket stasiun, via KAI Acces atau pemesanan tiket online lainnya. Kemudahan lainnya, terutama yang memesan tiket secara online, kita cukup menunjukkan barcode yang ada di HP android setelah kewajiban transaksional dipenuhi. Semua serba praktis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3