Mohon tunggu...
Topik Irawan
Topik Irawan Mohon Tunggu... Full Time Blogger

Full Time Blogger

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Boros Nay Cermat Yay Trik Keren Kelola Keuangan Saat Ramadan

18 April 2021   21:15 Diperbarui: 18 April 2021   21:39 373 4 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Boros Nay Cermat Yay Trik Keren Kelola Keuangan Saat Ramadan
Bulan Ramadan saatnya jeli atur keuangan(dokpri)

 

Hampir sepekan Ramadan bergulir, bagaiman puasanya lancar?Alhamdulillah jika dilancarkan berpuasa. Yang diperlukan saat bulan puasa selain kesiapan fisik adalah perilaku untuk mengatur keuangan, alih alih berhemat karena berpuasa, justru pos pengeluaran jadi membengkak. Disinilah pentingnya kita melakukan trik agar keuangan tidak ngos ngosan dan tentunya ketika di akhir Ramadan bebas dari hutang serta tagihan.

Patut disimak hasil survey yang dilakukan OVO Market Research Survey yang menyebutkan bahwa 4 dari 10 orang Indonesia melenceng dari perencanaan keuangan ketika Ramadan, adapun survey diadakan dengan melibatkan 469 responden yang tersebar di daerah Jabodetabek dan luar Jabodetabek.

Nah alih alih jadi orang yang melenceng ketika mengelola keuangan di bulan suci, lebih baik sih pengaturan keuangan lebih terencana dan terukur. Dalam tiga pekan kedepan menghadapi masa lebaran dimana seperti tahun tahun sebelumnya harga cenderung naik ketika adanya hari raya. Mengurus dompet agar tidak jebol adalah upaya yang bijak, saat ini Ramadan masih dalam suasana pandemi.

Nay banget deh berperilaku boros ketika bulan suci, apalagi saat ini Ramadan masih dibayangi adanya pandemi. Menurut Lembaga Penelitian Survey Meter bahwa di akhir Mei 2020 tingkat kecemasan dan depresi meningkat untuk penduduk Indonesia, 55 % mengalami gangguan kecemasan, 58 % mengalami gangguan depresi.

Simak juga cara yay agar tetap bisa survive dan mampu menyelamatkan keuangan, godaan terbesar saat Ramadan adalah kepengen belanja ini itu, apalagi buat para pekerja yang telah menanti nanti hadirnya Tunjangan Hari Raya yang kerap dianggap rezeki nompok dan dihabiskan secepat angin berhembus.

Tentukan Prioritas Keuangan

Ramadan dalam pandangan agama Islam adalah bulan yang suci, dimana perilaku baik akan diberi ganjaran berlipat dibandingkan dengan bulan bulan lain, mumpung ada reward langsung dari Allah maka saatnya untuk memberikan infaq terbaik di bulan suci.

Pos keuangan di bulan Ramadan bila memungkinkan lebih utama untuk sedekah dan juga berinfaq, menyitir Surat ke 2  ayat 2 di Al Quran, yang menyebut secara lugas bahwa" (yaitu) mereka yang beriman kepada yang gaib , melaksanakan shalat, dan menginfakkan sebagian rezeki yang kami berikan kepada mereka.

Belum lengkap tunaikan puasa jika belum membayar zakat, nah inilah selayaknya menjadi prioritas keuangan, selain itu infak dan sedekah jangan lupa ya, tak akan miskin seseorang saat ia memberi. No one has ever become poor by giving more.

Jangan sampai terbolak balik deh untuk tentukan prioritas keuangan, duit habis justru membeli barang yang bukan pilihan utama untuk dibeli, malah barang yang sebenarnya diperlukan tapi malah terlupakan, ini sih namanya tanda bahaya,jangan heran akhirnya keuangan pun ambyar.Hati hati ya karena kita hidup bukan untuk hari ini saja lho.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x