Mohon tunggu...
Topik Irawan
Topik Irawan Mohon Tunggu... Blogger Vlogger Buzzer Aktifis Buruh

Blogger,Vlogger, Buzzer,Aktifis Buruh

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Masjid dan Musola Perum Sukaraya Indah Gulung Karpet Cegah Penyebaran Corona

15 Maret 2020   21:13 Diperbarui: 15 Maret 2020   21:15 30 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Masjid dan Musola Perum Sukaraya Indah Gulung Karpet Cegah Penyebaran Corona
Jamaah masjid Muhajirin bersiap sholat, penggunaan karpet untuk alas sholat ditiadakan untuk sementara(dokpri)

Singapura berinisiatif meniadakan sholat Jumat dan fatwa itu telah dikeluarkan oleh Komite Fatwa Majelis Ugama Islam Singapur untuk kselamatan dan kesehatan seiring merebaknya penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Di negeri jiran Malaysia, sholat Jumat tetap dilaksanakan namun durasinya dipersingkat. Arab Saudi pun membatasi khotbah Jumat hingga lima belas menit, serta membatasi kegiatan umrah. 

Sejumlah masjid masjid di Indonesia seperti Istiqlal, masjid Al Markaz Makasar mulai menggulung karpet dan  juga menyemprotkan disinfektan agar jamaah tidak tertular virus Covid-19, satu hal yang perlu kita dukung agar penyebaran virus pandemic ini tidak meluas.

Karpet mushola Nurul Huda pun telah digulung(dok:DKM Nurul Huda)
Karpet mushola Nurul Huda pun telah digulung(dok:DKM Nurul Huda)
Perumahan Sukaraya Indah di mana penulis berdomisili, masing masing blok mempunyai masjid dan mushola, merebaknya Corona yang begitu cepat membuat Dewan Kemakmuran Masjid dan Musholla di masing-masing blok mulai berinisiatif melakukan gulung karpet.

Terlihat di masjid Muhajirin Blok E yang tampak menggulungkan karpet, keramik yang di dominasi  warna coklat itu tampak mengkilap, ada juga sabun cair yang disediakan DKM Muhajirin yang bisa digunakan oleh jamaah untuk mencuci tangan.

Masjid Muhajirin menyediakan sabun cair untuk jamaah cuci tangan(dokpri)
Masjid Muhajirin menyediakan sabun cair untuk jamaah cuci tangan(dokpri)
Ada tiga masjid dan empat musholla yang berada diperumahan Sukaraya Indah, dari tiga masjid, hanya masjid yang terlihat menggulung karpet, dua masjid yakni Attaqwa di Blok D dan juga Darussalam di Blok masih beralaskan karpet.

Musholla Nurul Huda sejak Minggu pagi melakukan bersih bersih musholla dan ketika pelaksanaan sholat Dzuhur, lantai mushola yang berwarna abu abu pun telah terlihat kinclong, menurut pengurus DKM, langkah bersih bersih musholla adalah agar antisipasi penyebaran virus Corona bisa dilakukan dengan cara perilaku bersih.

Blok F yang lokasinya di ujung perumahan, melakukan hal yang sama, Kang Asep yang merupakan pengurus DKM Baiturrahman mengatakan, bahwa gulung karpet telah dilakukan di mushola yang lokasinya dekat SUTET ini.

Mulai hari Senin pihak DKM Baitturrahim akan menyediakan hand sanitizer, bada Magrib tadi diadakan doa serta dzikir bersama untuk wabah penyakit Covid-19. Kang Asep berujar bahwa apa yang dilakukan pengurus serta jamaah musholla adalah ikhtiar dzohir dan batin.

Semoga apa yang dilakukan para pengurus masjid dan juga musholla di perumahan Sukaraya mampu menjadi bagian ikhtiar pencegahan meluasnya Covid-19. Ada hadist yang di riwayatkan oleh HR.Bukhari yang berbunyi" Jika kamu mendengar wabah suatu wilayah, maka janganlah kalian memasukinya. Tapi jika wabah ditempat kamu berada, maka jangan tinggalkan tempat itu."

Berharap pandemi Covid-19 cepat berlalu sembari tetap berbuat agar virus Corona ini tidak menyebar kemana mana, yuk ah kita semua bagian dari orang orang yang mampu dan sebisa mungkin melalui jaringan komunitas, sosial media, bersama sama lawan Corona, terkait penularan Covid-19 serta upaya kita untuk melakukan pencegahan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x