Mohon tunggu...
Muhammad Taufan
Muhammad Taufan Mohon Tunggu... Penulis - -

-

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Pilihan

Wisata Tersembunyi di Padalarangan

15 Januari 2023   09:18 Diperbarui: 15 Januari 2023   09:33 574
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sebaran Penduduk Indonesia Berdasarkan Wilayah (Sumber: katadata.co.id

Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak sekali julukan contohnya negara kepulauan. Julukan tersebut didapatkan karena bentuk wilayah yang didominasi oleh kepulauan tidak berbentuk dataran maupun lautan. Kalimantan, Sumatra, Papua, Maluku, sampai Jawa merupakan contoh pulau-pulau yang ada di Indonesia. Tetapi dari sekian banyak pulau tersebut pulau Jawa memiliki daya tarik yang sangat khas sehingga banyak masyarakat yang tinggal di pulau tersebeut.

Ya, terkadang harus diakui bahwa sampai saat ini Jawa masih mendominasi dibandingkan pulau lainnya. Pertumbuhan ekonomi, infrastuktur yang merata, sampai ibukota negara ada di Jawa merupakan salah satu alasan dari sekian banyak alasan mengapa masyarakat mau tinggal di Jawa.  

Hal tersebut nyatanya selaras akan sebuah hasil Sensus Penduduk di tahun 2020. Dimana hasilnya menunjukab bahwa Pulau Jawa dihuni oleh 151,59 juta jiwa penduduk atau setara 56,1% penduduk Indonesia.

Masyarakat yang memiliki tinggal di Jawa juga memiliki banyak sekali tujuan dari mulai bekerja, belajar, atau hanya berwisata. Memang di Pulau Jawa banyak sekali wisata yang dapat dikunjungi oleh masyarakat. Salah satu tempat di Jawa yang dapat dijadikan lokasi wisata yaitu berada di Padalarangan, Jawa Barat. Berikut ini beberapa tempat wisata yang disediakan oleh pihak Padalarangan, Jawa Barat bagi masyarakat yaitu:

Gunung Bendera. Tentunya banyak masyarakat yang ingin sekali merasakan pengalaman bagaimana naik ke gunung. Tetapi keinginan tersebut terkadang sedikit terhalang karena berbagai macam faktor yang menyebabkan keinginan tersebut tidak dapat dipenuhi. Maka dari itu solusi yang dapat dilakukan adalah dengan menggunjungi Gunung Bendera. 


Alasan masih dapat merasakan sensasi naik ke gunung walaupun terkalang karena gunung tersebut tidak tinggi seperti pada umumnya bisa dikatakan Gunung Bendera merupakan bukit. 

Ketika sudah sampai diatas masyarakat dapat melakukan kegiatan seperti naik gunung seperti camping. Untuk kenyamanan sudah dipersiapakan seperti dalam hal fasilitas umum baik itu toilet maupun saung kecil untuk berteduh ketika cuaca tidak bersahabat. Gunung Bendera juga menawarkan pemandangan kota yang sangat indah khususnya saat malam hari karena banyaknya kemerlapan lampu yang berasal dari kota.


Stone Garden. Bisa katakan bahwa tempat wisata tersebut merupakan wisata yang populer di Padalarangan. Untuk letak dari Stone Garden berada di atas gua pawon. 

Sehingga ketika masyarakat mengunjungi tempat wisata tersebut bisa mendapatkan dua tempat wisata. Jika diartikan bahwa stone garder merupakan tempat yang terdiri dari batu-batu yang tersusun tak beraturan sehingga kesan alami dapat terlihat dari tempat tersebut. Ketika sampai di puncak para pengujung akan dapat melihat pemandangan sekeliling akan kehijauan yang berasal dari pepohonan maupun rerumpuan yang menyejukan hati.

Selain wisata yang hanya menawarkan keindahan saja didalam Padalarang juga menyediakan wisata edukasi. Untuk letak dari wisata edukasi tersebut berada di Puspa Iptek Kota Baru Parahyangan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun