Mohon tunggu...
Supartono JW
Supartono JW Mohon Tunggu... Konsultan - Pengamat dan Praktisi

Mengalirdiakunketiga05092020

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

PPKM Masih Diperpanjang, Aktivitas Sepak Bola Rakyat Sudah Ramai?

24 Agustus 2021   10:16 Diperbarui: 24 Agustus 2021   10:27 177 6 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
PPKM Masih Diperpanjang, Aktivitas Sepak Bola Rakyat Sudah Ramai?
Pemerintahan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik


Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) jilid terbaru diumumkan lagi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Senin malam (23/8/2021), disiarkan langsung oleh berbagai stasiun televisi nasional dari kanal YouTube Sekretariat Presiden. PPKM jilid terbaru diterapkan mulai 24 hingga 30 Agustus 2021.

Jokowi pun menyampaikan bahwa beberapa daerah diturunkan dari level 4 ke 3. Aturan mengenai penerapan PPKM level 4, 3, dan 2 periode 17-23 Agustus 2021 telah diatur dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 35 Tahun 2021.

Kegiatan olah raga (sepak bola), liar

Miris, kendati kegiatan olahraga di ruang terbuka masih berlaku sesuai peraturan
Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), namun sikap abai masyarakat masih terus dipertunjukkan. 

Lebih miris, kegiatan olah raga khususnya sepak bola, justru malah seolah difasilitasi oleh para pengelola lapangan yang kesannya memang tak peduli dengan aturan PPKM.

Sehingga, masyarakat yang memang sudah bosan dengan PPKM dan ingin bermain sepak bola, memaksakan diri bermain sepak bola karena pihak pengelola lapangan pun menyewakan. 

Ada lapangan yang dikelola oleh pihak kampung atau pribadi, tetapi banyak pula lapangan-lapangan sepak bola yang disewakan justru ada di lingkungan yang seharusnya menjadi bagian penertib PPKM. Ini, malah mereka menyewakan lapangan.

Bahkan, sampai ada yang dimanfaatkan oleh pihak yang kurang bertanggungjawab, menyewa lapangan justru untuk menggelar event festival atau turnamen sepak bola tanpa mengindahkan aturan PPKM, dan tanpa aturan perizinan dan rekomendasi dari stakeholder terkait, karena kebanyakan lapangan yang disewa ada di dalam komplek yang seharusnya menjadi bagain pengamanan PPKM. 

Karena itu, masyarakat yang menyewa untuk sekadar latihan atau uji tanding atau bikin festival atau turnamen, merasa aman dan nyaman, bahkan seolah dilindungi. Miris.

Para oknum masyarakat yang abai ini memang benar-benar hanya memikirkan kesenangan dirinya sendiri, meski virus corona jenis delta sungguh sangat tak bisa diduga dan akan menyerang dengan mudah siapa saja. 

Bagi yang hanya memikirkan kesenangan dirinya, tak peduli bahwa bila sampai terpapar corona, meski tanpa gejala, maka akan isolasi mandiri. Terbayang harus terkurung di rumah minimal 14 hari dll.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Lihat Konten Pemerintahan Selengkapnya
Lihat Pemerintahan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan