Mohon tunggu...
Supartono JW
Supartono JW Mohon Tunggu... Konsultan - Pengamat dan Praktisi

Mengalirdiakunketiga05092020

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Memahami Fungsi Warna Pesawat dan Warna Perasaan Rakyat

5 Agustus 2021   00:50 Diperbarui: 5 Agustus 2021   01:03 284 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Memahami Fungsi Warna Pesawat dan Warna Perasaan Rakyat
Sumber: Kompas.com


Bagi yang belum tahu tentang fungsi warna di badan pesawat, melalui artikel ini, mungkin dapat membantu memahami mengapa pesawat terbang, terutama yang digunakan untuk kepentingan komersil, hampir semuanya berwarna dasar yang didominasi warna putih. 

Mengapa demikian?

Faktanya, setiap di bandara mana pun di seluruh dunia, semua pesawat warna dasarnya putih Lalu, masing-masing maskapai penerbangan memiliki corak khas sendiri-sendiri, untuk warna ciri khasnya.

Saya kutip dari Insider, seorang pakar Aeronautics dan Astronautics, profesor R. John Hansman membeberkan alasan khusus kenapa pesawat dicat warna putih. Selain itu, untuk mewarnai satu badan pesawat diperlukan 65 galon cat warna putih.

Apa yang dikemukakan oleh John Hansman ini, ternyata telah dilansir oleh beberapa media di Indonesia, ada yang melansir Januari, Februari, Maret, hingga November 2018. 

Ada yang melansir pada  Mei 2019. Ada yang Mei 2020 hingga ada pula yang mengutip Januari 2021. Kata kuncinya mudah, tinggal ketik saja John Hansman.

Kira-kira apa alasan mengapa pesawat harus berwarna dasar putih? Ternyata alasannya adalah:

Cat warna putih pada badan pesawat berfungsi seperti tabir surya, yaitu untuk memantulkan kembali sinar matahari dan meminimalkan potensi kerusakan cat akibat radiasi matahari. Seperti misalnya warna hitam menyerap panas, maka warna putih akan memantulkannya.

Selain itu, warna putih juga berfungsi untuk melindungi bahan plastik atau komposit. Bagian badan pesawat yang terbuat dari bahan plastik atau komposit, misalnya karbon, kaca fiber, dan sebagainya, harus dicat dengan warna terang dan sebisa mungkin transparan.

Untuk menyeragamkan warnanya, maskapai penerbangan rata-rata memilih warna cerah seperti putih dan abu-abu terang sekaligus untuk alasan penghematan biaya perawatan menjadi dasar utama.

Sebenarnya tidak ada warna yang dihindari untuk memberi warna pada pesawat. Juga tidak ada pantangan warna tertentu saat memilih cat untuk pesawat terbang. Namun, beberapa warna cenderung mudah pudar dan kusam jika lama terkena sinar matahari dan air hujan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN