Mohon tunggu...
Supartono JW
Supartono JW Mohon Tunggu... Pengamat dan Praktisi

Mengalirdiakunketiga05092020

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Kerinduan Publik Sepak Bola Nasional Menonton Laga Timnas U-23 Batal karena PSSI

3 Maret 2021   22:16 Diperbarui: 3 Maret 2021   22:20 256 5 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kerinduan Publik Sepak Bola Nasional Menonton Laga Timnas U-23 Batal karena PSSI
Sumbrr: Kompas.com


Tadi sore, saat saya bercakap via medsos dengan Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, menyoal laga uji coba Timnas versus PS Tira Persikabo, di akhir percakapan saya tutup dengan doa, semoga laga uji tanding lancar dan sukses. Aamiin.Tapi saat menjelang pukul 19.30, saya sudah siap.di depan televisi, ternyata di grup medsos ramai berita, uji coba Timnas U-23 batal.

Miris, tatkala Polri sudah memberikan izin  untuk PSSI dengan tangan PT LIB menggelar turnamen pramusim Piala Menpora 2021 yang sekaligus sebagai ujian bagi PSSI untuk mendapatkan izin untuk gelaran kompetisi resmi, ternyata momentum laga uji tanding perdanaTimnas U-23 versus PS Tira Persikabo tidak dimanfaatkan dengan benar.

Publik yang sudah sangat rindu menyaksikan laga sepak bola nasional meski dari tayangan televisi, terlebih yang akan bertanding adalah Timnas dan beradu versus klub Liga 1, tetap saja antusiasnya begitu terasa. Faktanya, berbagai media menayangkan beritanya, ada stasiun televisi yang akan menyiarkan secara langsung, dan masyarakat penuh euforia menunggu laga tersaji.

Sayang, bak disambar petir, tiba-tiba berbagai grup medsos menayangkan informasi tentang batalnya laga Timnas U-23 yang hanya dalam hitungan menit dari waktu kick off laga yang sudah terpublikasi di seantero Indonesia dan mancanegara.

Setelah dicek faktanya, ternyata benar, berbagai media massa pun sudah menulis berita tentang batalnya laga uji coba Timnas itu.

Sejurus kemudian, beberapa media juga melansir penjelasan polisi. Kronologis pembatalan laga versi Kapolsek Tanah Abang, AKBP Singgih Hermawan, menjelaskan bahwa pertandingan tersebut tak bisa dilaksanakan karena tak mengantongi izin keramaian. Pdahal, pertandingan tersebut diagendakan untuk digelar pada Rabu (3/3) pukul 19:30 malam WIB. Namun, laga uji coba itu dibatalkan hanya beberapa saat jelang kick-off.

''Iya, ada pertandingan uji coba antara PSSI melawan Persikabo, tapi izinnya belum ada, sparing, sih, sebenernya, sparing Timnas U-23. Cuma dia baru ngabarin kalau ada kegiatan malam ini. Nah, kami arahkan agar urus izinnya dulu. Dari pengurusan izin sama jam ini belum ada, (jadi) enggak kami izinkan,'' kata AKBP Singgih Hermawan, kepada wartawan, Rabu (3/3).

Dalam penjelasannya juga terungkap bahwa sampai Maghrib hingga setengah tujuh malam, belum ada izin (Mabes Polri) keluar dari panitia. Sebab, ternyata panitia baru bersurat hari ini, sehingga izinnya belum keluar.

Singgih sendiri mengaku sudah datang dari sore hari untuk mengamankan pertandingan tersebut bersama dengan Satgas Covid-19.

"Ada rencana kegiatan yang harus kami amankan. Satgas Covid Kecamatan Tanah Abang harus datang saat kegiatan. Sudah dipastikan datang," tuturnya.

Lebih lanjut Singgih mengaku, pihaknya baru mengetahui agenda uji coba tersebut pada Rabu (3/3) pagi. Hingga waktu yang ditentukan, lanjutnya, pihak panitia tak juga memegang izin pertandingan. Bahkan Singgh mengungkapkan menyoal laga baru tahu tadi pagi, makanya pihaknya bertanya kepada panitianya, izinnya sudah belum, dan jawabnya, katanya lagi diurus.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN