Mohon tunggu...
Tonny Syiariel
Tonny Syiariel Mohon Tunggu... Lainnya - Travel Management Consultant and Professional Tour Leader

Travel Management Consultant, Professional Tour Leader, Founder of ITLA

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Kala Kevin De Bruyne Merasa Sudah Terlalu Tua

1 Desember 2022   14:46 Diperbarui: 1 Desember 2022   22:50 468
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kevin De Bruyne. Sumber: Dean Mouhtaropoulos/Getty Images/www.bitterandblue.sbnation.com

Kevin De Bruyne membuat ruang ganti Belgia menjadi tidak nyaman. Bintang Belgia yang merumput di Manchester City itu mengatakan Belgia tidak punya kesempatan juara di Piala Dunia. "No chance, we are too old". (Tidak ada kesempatan, kami sudah terlalu tua). Usia rata-rata pemain Belgia memang sudah 27.8 tahun. Tetapi, jelas bukan yang paling tua di "FIFA World Cup Qatar 2022".

Hasil interview dengan The Guardian itu pun sontak membuat Kevin De Bruyne jadi sasaran kritik sejumlah pemain. Bahkan Roberto Martinez, pelatih Timnas Belgia, pun tidak sependapat dengan pemain andalannya itu. Martinez mengatakan timnya hanya tidak bermain lebih bebas. Bukan karena faktor usia pemainnya.

Kevin De Bruyne sejatinya tidak salah jika mengatakan generasi emas Belgia sudah kian menua. Sebut saja, Eden Hazard yang sudah berusia 31 tahun. Lalu Thibaut Courtois 30 tahun dan De Bruyne sendiri kini sudah 31 tahun. Tetapi, De Bruyne mungkin lupa. Banyak pemain profesional yang masih tetap berprestasi pada usia di atas 30-an. 

Lihat saja umur beberapa pemain senior yang tetap bersemangat tampil di Piala Dunia. Dari Neymar (30 tahun), Lewansdowski (34), Messi (35), Oliver Giroud (36) hingga Luka Modric (37). Pemain Kroasia ini malah masih menjadi salah satu pemain kunci di Real Madrid dan Timnas Kroasia.

Messi (35 tahun) masih memimpin Tim Tango di Piala Dunia 2022. Sumber: Kirill Kudryavtsev/AFP/ Getty Images/www.edition.cnn.com
Messi (35 tahun) masih memimpin Tim Tango di Piala Dunia 2022. Sumber: Kirill Kudryavtsev/AFP/ Getty Images/www.edition.cnn.com
Dari usia rata-rata pemain setiap timnas yang berlaga di Piala Dunia 2022, seperti dilansir dari situs Statista, Timnas Belgia berada di posisi ke-5 dengan usia rerata pemainnya 27.8 tahun. Sama persis dengan Tunisia, Uruguay, Korea Selatan dan Jepang.

Rata-rata pemain Brasil dan Argentina malah lebih tua dibandingkan Belgia. Namun, tidak terdengar sedikit pun keluhan seperti yang disuarakan De Bruyne. Boleh jadi pemain dengan bayaran tertinggi di Manchester City itu kecewa setelah susah payah mengalahkan Kanada di pertandingan pembuka.

Usia rata-rata pemain timnas di Piala Dunia 2022. Sumber: www.statista.com
Usia rata-rata pemain timnas di Piala Dunia 2022. Sumber: www.statista.com
Namun, sebagai salah satu pemain andalan Belgia, tidak seharusnya Kevin De Bruyne bak menyerah sebelum bertarung. Bahkan setelah takluk dari Maroko di matchday kedua sekalipun, Belgia sejatinya masih punya peluang melaju ke babak 16 besar. Tentu saja jika sukses melibas Kroasia malam ini.

Pada Juli 2022 lalu, De Bruyne pun pernah berkeluh kesah soal usia tuanya. Setelah beberapa rekan seangkatan dari era sebelum Pep, seperti Sterling dan Fernandinho meninggalkan City. Padahal, jika melihat ke lima kompetisi top di Eropa, yakni di Inggris, Spanyol, Italia, Jerman dan Prancis, pun masih banyak pemain senior yang tetap kompetitif. 

Thiago Silva, misalnya, masih menjadi andalan di lini belakang The Blues Chelsea. Mau tahu berapa usianya? Bek tengah dan Kapten Timnas Brazil yang kini ikut membela Tim Samba di Piala Dunia 2022 itu, sudah berusia di atas 38 tahun! Jauh lebih tua dari De Bruyne.

Thiago Silva, bek tengah Tim Samba yang sudah berusia 38 tahun. Sumber: Jamie McDonald/Getty/www.worldfootball.net
Thiago Silva, bek tengah Tim Samba yang sudah berusia 38 tahun. Sumber: Jamie McDonald/Getty/www.worldfootball.net

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun