Mohon tunggu...
Tonny Syiariel
Tonny Syiariel Mohon Tunggu... Lainnya - Travel Management Consultant and Professional Tour Leader

Travel Management Consultant, Professional Tour Leader, Founder of ITLA

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Bicycle Kick Goal, Cara Keren Mencetak Gol

26 November 2022   10:36 Diperbarui: 26 November 2022   10:46 747
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tendangan salto dari Richarlison di Piala Dunia 2022. Sumber: Getty images / www.goal.com

Richarlison baru saja mencetak sebuah gol spektakuler di Piala Dunia 2022. Pada menit ke-73, penyerang Brazil yang kini merumput di Tottenham Hotspur itu menerima umpan silang dari Vinicius Junior. Lalu hanya dengan sedikit kontrol, striker jangkung itu langsung melakukan tendangan salto yang menghujam ke gawang Vanja Milinkovic. Gooolll!

Tendangan salto yang dikenal di dunia sepak bola sebagai Bicycle Kick atau Overhead Kick itu memang selalu sedap dipandang. Tak bosan-bosannya menyaksikan tendangan striker bernomor punggung 9 itu. Dalam laga menghadapi Serbia yang berakhir 2-0 itu, Richarlison tampil apik dengan memborong kedua gol untuk Tim Samba. 

Bicycle Kick sejatinya adalah sebuah tendangan salto atau tendangan gunting ke gawang lawan kala menyambut sebuah umpan silang. Caranya dengan melompat membelakangi gawang lalu menendang bola melewati kepalanya. Gaya ini disebut tendangan sepeda karena gerakan kaki penendang memang seperti saat mengayuh sepeda.

Tendangan seperti ini jelas tidak mudah. Selain membutuhkan ketrampilan mumpuni dari sang pemain, tentunya juga perlu ketepatan menendang di waktu yang tepat. Hasilnya, penjaga gawang kerap hanya bisa terpana karena tidak menduganya.

Gol salto Richarlison pun disebut-sebut sebagai gol terbaik di Piala Dunia 2022. Setidaknya hingga laga kedua di fase grup. Namun demikian, dalam sejarah sepak bola sudah cukup banyak penyerang handal lain yang juga melakukannya dengan sempurna. Dari zaman Rivaldo, Wayne Rooney hingga era Cristiano Ronaldo.

Dari sekian banyak gol yang diciptakan dengan cara bicycle kick, seperti yang ditampilkan situs Planet Football, setidaknya terdapat lima gol salto yang layak dikenang. Dan tendangan-tendangan itu memang hebat. Dari pesepak bola kelas satu yang telah mengukir nama harum di pentas sepak bola dunia. 

Zlatan Ibrahimovic 

Kehebatan Zlatan Ibrahimovic tidak perlu diragukan lagi. Penyerang gaek yang kini masih merumput di AC Milan itu memang dikenal sebagai salah satu pesepak bola dengan skill fantastis. Sudah banyak pula gol keren yang diciptakannya ketika bermain di berbagai klub papan atas di Eropa.

Zlatan dengan tendangan akrobatiknya. Sumber: Getty images / www.goal.com
Zlatan dengan tendangan akrobatiknya. Sumber: Getty images / www.goal.com
Salah satu gol yang paling spektakuler tercipta kala Ibra, panggilan akrabnya, menciptakannya ke gawang Inggris dalam sebuah pertandingan persahabatan antara Swedia vs Inggris di stadion Friends Arena, Stockholm, pada tanggal 14 November 2012.

Gol bergaya bicycle kick yang dilesakkan ke gawang Inggris yang dikawal Joe Hart itu dilakukan sambil salto dari jarak cukup jauh. Yup, sekitar 30 meter! Dan gol inilah yang sering dinobatkan sebagai salah satu gol terbaik sepanjang masa. Bahkan ada yang memujinya sebagai "The Best Bicycle Kick Goal in the History of Football". 

Ayo, saksikan kembali gol fantastis ini! (Sumber: Goal / www.youtube.com)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun