Mohon tunggu...
Tonny Syiariel
Tonny Syiariel Mohon Tunggu... Lainnya - Travel Management Consultant and Professional Tour Leader

Travel Management Consultant, Professional Tour Leader, Founder of ITLA

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Serba Merah di Pecinan Glodok

29 Januari 2022   18:11 Diperbarui: 30 Januari 2022   08:37 975 72 30
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Hiasan Imlek serba merah di Pecinan- Jakarta. Sumber: Dokumentasi pribadi

Warna Merah kini bak sang primadona. Tengok saja kawasan Pecinan yang bersejarah di Glodok, Jakarta Barat. Di Chinatown-nya Jakarta ini, warna merah tampak begitu mendominasi wilayah yang selalu ramai ini. Bukan karena pendukung The Reds- Liverpool atau Red Devils- Manchester United sedang nobar di sana. Bukan, my friends! Tetapi, wilayah ini memang sedang bersiap menyambut Tahun Baru Imlek!

Tahun Baru Imlek sebentar lagi tiba. Tahun Baru sesuai kalender Tionghoa ini merupakan salah satu perayaan yang paling dinantikan semua warga Tionghoa di seluruh dunia. Tidak hanya dirayakan di negeri Tirai Bambu China. Tetapi, di banyak negara lainnya. Dari benua Asia sampai Amerika Utara.

Imlek, yang juga dikenal sebagai Festival Musim Semi, juga dirayakan di berbagai kota di Indonesia. Misalnya, di Medan, Pontianak, dan beberapa kota lainnya di mana komunitas Tionghoa cukup besar. Perayaan Tahun Baru Imlek, yang sempat dilarang di era rezim Orde Baru, baru kembali diizinkan sejak tahun 2000, yakni di masa Presiden Abdurrahman Wahid.

Lilin merah besar di sebuah klenteng di Petak Sembilan, Jakarta Barat. Sumber: Dokumentasi pribadi
Lilin merah besar di sebuah klenteng di Petak Sembilan, Jakarta Barat. Sumber: Dokumentasi pribadi
Tentu saja, Imlek pun dirayakan di ibu kota Jakarta. Apalagi sejarah kota ini memang tidak jauh dari warga Tionghoa yang telah menetap di sini setidaknya sejak abad ke-13. Dan salah satu kawasan di wilayah Jakarta yang sangat kental dengan nuansa Imlek tidak lain adalah Petak Sembilan -- Glodok, Jakarta Barat.

Di kawasan yang tidak jauh dari Kota Tua Jakarta ini atmosfer Imlek kian terasa dalam seminggu terakhir ini. Penjual pernak pernik Imlek mengisi hampir setiap sudut jalan di kawasan ini. Semua kebutuhan perayaan Imlek tersedia di sini.

Ayo, pilih baju Imlek favoritmu. :) Sumber: Dokumentasi pribadi
Ayo, pilih baju Imlek favoritmu. :) Sumber: Dokumentasi pribadi

Mulai dari busana, amplop angpao, lilin, sampai berbagai ornamen lainnya untuk merayakan Imlek. Dan Anda pasti sudah bisa menebak warnanya. Betul sekali, hampir semuanya berwarna merah!

Itulah pemandangan khas yang saya temui di akhir pekan ini ketika menyusuri jalan-jalan padat di kawasan ini. Mulai dari Jalan Pancoran, Jalan Kemenangan Raya, dan gang-gang sempit di sekitarnya. Begitu pun di deretan toko di Pertokoan Chandra sampai Petak Enam. Meriah!

Ornamen Imlek yang lucu. Sumber: Dokumentasi pribadi
Ornamen Imlek yang lucu. Sumber: Dokumentasi pribadi
Warna Merah memang identik dengan perayaan Tahun Baru Imlek yang jatuh pada hari Selasa, tanggal 1 Februari 2022. Warna merah, yang merupakan unsur dari 'Yang', berhubungan dengan api, energi dan matahari.

Suatu warna yang melambangkan vitalitas, perayaan, keberuntungan dan kemakmuran. Tidak mengherankan, warna merah pun sudah dianggap semacam warna kebudayaan Tionghoa. Dan tentunya warna utama di setiap perayaan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan