Mohon tunggu...
Tonny Syiariel
Tonny Syiariel Mohon Tunggu... Lainnya - Travel Management Consultant and Professional Tour Leader

Travel Management Consultant, Professional Tour Leader, Founder of ITLA

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Hangzhou, Antara Danau Barat dan Legenda Ular Putih

9 September 2021   10:51 Diperbarui: 12 September 2021   11:11 1347 83 26
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Hangzhou, Antara Danau Barat dan Legenda Ular Putih
Danau Barat yang memesona. Sumber: Dokumentasi pribadi

Hangzhou termasuk salah satu kota yang berkembang pesat di China. Kota yang akan menjadi Tuan Rumah Asian Games 2022 ini bahkan kerap masuk daftar kota bisnis terbaik di Negeri Tirai Bambu versi Forbes. 

Namun, yang membuatnya sangat termasyhur di dunia bukan lantaran laju modernisasi di kota ini. Tidak juga berkat Alibaba Group yang terkenal itu bermarkas di sini. Hangzhou telah lama meraih nama harum di pentas dunia karena keindahan Danau Barat serta sebuah legenda yang tersimpan rapat di sini.

Danau Barat (West Lake) atau Xi Hu telah lama menjadi ikon kota Hangzhou, ibu kota Provinsi Zhejiang, China. Bahkan dari 2.800 lebih danau yang tersebar di seluruh penjuru Negeri Tirai Bambu itu, nama Danau Barat di Hangzhou menempati posisi yang sangat istimewa.

Selain keindahannya yang selalu mengundang puja-puji penyair dan pelukis di sepanjang sejarah China, Danau Barat juga sangat terkenal berkat Legenda Ular Putih (The Legend of White Snake) yang juga populer dengan nama "Madame White Snake". Legenda yang ikut mengangkat nama danau seluas 6.5 km persegi itu menjadi destinasi wisata nomor satu di Hangzhou.

Salah satu sudut Danau Barat-Hangzhou. Sumber: Dokumentasi pribadi
Salah satu sudut Danau Barat-Hangzhou. Sumber: Dokumentasi pribadi
Nama Danau Barat itu sendiri sejatinya merujuk ke nama lokasinya yang berada di sisi barat kota Hangzhou. Di masa lalu danau ini sebetulnya pernah disebut dalam berbagai nama. Akan tetapi, nama Danau Barat atau Xi Hu yang akhirnya digunakan hingga kini. 

Tertarik ke Danau Barat? Kalau begitu, yuk ke Hangzhou.

Kota Hangzhou bisa dicapai dengan mudah dari berbagai kota di China maupun beberapa kota lainnya di Asia. Hangzhou Xiaoshan International Airport melayani banyak maskapai penerbangan dunia. Namun, sebagian besar wisatawan mancanegara justru lebih sering mengunjunginya via Shanghai.

Transportasi di Danau Barat dengan latar belakang kota Hangzhou. Sumber: Dokumentasi pribadi
Transportasi di Danau Barat dengan latar belakang kota Hangzhou. Sumber: Dokumentasi pribadi
Shanghai - Hangzhou - Suzhou biasanya termasuk dalam satu paket wisata yang sangat populer di wilayah timur China. Sedangkan rute Shanghai-Hangzhou sendiri termasuk rute transportasi yang sangat sibuk. 

Selain dengan bus, jarak sepanjang 177 km ini paling praktis dicapai dengan kereta api. Hampir setiap jam ada kereta yang berangkat. Baik kereta cepat maupun kereta reguler.

Kereta cepat Shanghai-Hangzhou yang dikenal sebagai Huhang High-speed Railway bisa mengantar penumpang hanya dalam waktu 45 menit. Namun, Anda boleh juga mencoba kereta reguler. Meskipun lebih lambat, tetapi memberikan pengalaman bepergian yang berbeda. Berangkat dengan kereta cepat, pulang dengan kereta reguler.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Selengkapnya
Lihat Travel Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan