Mohon tunggu...
Tonny Syiariel
Tonny Syiariel Mohon Tunggu... Lainnya - Travel Management Consultant and Professional Tour Leader

Travel Management Consultant, Professional Tour Leader, Founder of ITLA

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Bern, Ibu Kota Swiss yang Memesona

5 Juli 2021   08:04 Diperbarui: 6 Juli 2021   01:01 904 80 24 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bern, Ibu Kota Swiss yang Memesona
Kota Bern dan Bern Minster yg menjulang di atas kota tua. Sumber: koleksi pribadi

Penampilan impresif Timnas Swiss di Euro 2020 memang sudah berakhir. Namun, bagi banyak warga Swiss,"La Nati", julukan Timnas Swiss pantas pulang dengan kepala tegak. Dan tidak berlebihan jika Xherdan Shaqiri dan kawan-kawan pun mendapat apresiasi tinggi dari pemerintah Konfederasi Swiss yang berpusat di ibu kota Bern

Hm, Bern memang tidak jauh dari sepak bola. Di kota indah inilah final bersejarah "1954 FIFA World Cup" berlangsung dan kini dikenang sebagai "The Miracle of Bern". Yuk, ikut ke Bern!

Bern atau Berne adalah ibu kota negara Swiss. Berbeda dengan hampir semua ibu kota negara Eropa lainnya yang seakan mengikuti suatu aturan baku. Kota terbesar di negara itulah yang menjadi ibu kota negara. Sebut saja di antaranya, London, Berlin, Paris, Madrid, Moskwa dan ibu kota lainnya yang menyandang status sebagai kota terbesar di negara masing-masing.

Tidak demikian dengan Swiss. Kota terbesarnya adalah Zurich yang juga dikenal sebagai pusat perdagangan dan keuangan di Swiss. Bagaimana dengan Bern? 

Dengan populasi sekitar 144 ribu, kota ini pun hanya menduduki urutan ke-5 sebagai kota terbesar di Swiss. Akan tetapi, kota Bern lah yang akhirnya dipilih sebagai kota federal.

Syahdan, pada tanggal 28 November 1848, ketika Konfederasi Swiss dibentuk, mayoritas anggota Dewan Nasional dan Dewan Negara sepakat memilih Bern sebagai pusat Konfederasi Swiss. Pilihan ini pun membuat Bern menyandang status sebagai Kota Federal yang secara de facto sama saja dengan ibu kota negara.

Tram di kota Bern - Swiss. Sumber: koleksi pribadi
Tram di kota Bern - Swiss. Sumber: koleksi pribadi
Letak Bern memang sangat strategis. Berada di dataran tinggi Swiss di Kanton Bern, kota cantik ini berdiri di antara dua kota terbesar di Swiss, yakni Zurich di utara dan Jenewa di selatan. 

Zurich hanya berjarak 122 km dari Bern, sedangkan Jenewa sekitar 159 km. Penulis sendiri menuju ke Bern melalui sebuah perjalanan singkat sekitar 45 menit dari Interlaken.

Seperti banyak kota lainnya di Eropa, pesona Bern pun berpusat di kawasan kota tuanya yang masih menyimpan banyak bangunan klasik dari abad pertengahan. Kota tua ini dibangun di atas bukit yang dikelilingi sungai Aare. Di beberapa bagian kota tua terlihat perbedaan ketinggian yang bisa mencapai 60-an meter.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN