Mohon tunggu...
Tonny Syiariel
Tonny Syiariel Mohon Tunggu... Lainnya - Travel Management Consultant and Professional Tour Leader

Travel Management Consultant, Professional Tour Leader, Founder of ITLA

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Balada Run dan Manhattan, Dua Pulau yang Ditukar di Abad ke-17

7 Juni 2021   15:36 Diperbarui: 9 Juni 2021   02:52 1383 78 26 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Balada Run dan Manhattan, Dua Pulau yang Ditukar di Abad ke-17
Pulau Manhattan-NYC yang dipenuhi gedung pencakar langit. Sumber: koleksi pribadi

Bukan hanya jarak antara Pulau Run di Kepulauan Banda dan Pulau Manhattan di New York yang terbentang jauh. Lebih dari 15 ribu km. Keduanya pun begitu jauh berbeda dalam segala aspek. Run hanya sebuah pulau kecil yang telah kehilangan magis pala yang menjadi andalannya di masa lalu. Sedangkan Manhattan kini adalah pusat bisnis dan finansial terkemuka di Amerika Serikat. Namun, pada suatu masa di abad ke-17, nilai Pulau Run ternyata bernilai setara dengan Manhattan. 

Sejarah memang selalu menarik ditelusuri. Apalagi sejarah yang melibatkan sejumlah fakta mencengangkan. Sebuah pulau kecil di Kepulauan Banda - Maluku bahkan pernah dinilai begitu tinggi oleh Belanda. 

Tidak tanggung-tanggung, demi mendapatkan pulau mungil seluas 330 hektar ini dari Inggris, Belanda bahkan bersedia menyerahkan Pulau Manhattan. Tak pelak lagi, pertukaran kedua pulau itu pun dilabeli "The Real Estate Deal of the Millennium" oleh Ian Burnet, penulis buku "East Indies".

Dalam suatu perjalanan ke New York, penulis pernah mendapatkan seorang pemandu lokal yang super sekali. Sang 'local guide' asal Indonesia ini telah bermukim di kota berjuluk Big Apple selama lebih dari dua dekade. 

Dia pun begitu bangga sebagai seorang New Yorker. Tetapi, setelah dua hari penuh bercerita segala ihwal tentang New York, ada sepotong episode sejarah terkait Indonesia yang terlewat. Atau boleh jadi dilupakan.

Baca juga: "New York, New York"

New York sejatinya belum tentu seperti ini andaikata Manhattan, pulau terpenting di kota megapolitan itu tetap dikuasai Belanda dan Pulau Run di bawah Inggris. Sepotong sejarah pertukaran keduanya layak tercatat dalam sejarah Manhattan- New York. Namun, sayang sekali, buku "Insight Guide - New York City" pun tidak menyebut sedikit pun tentang sejarah pertukaran yang termasuk dalam "Treaty of Breda" yang ditandatangani Belanda dan Inggris pada tahun 1667.

Pulau Run yg pernah ditukar dengan Manhattan. Sumber: Hans Peter Grumpe/ www.hpgrumpe.de
Pulau Run yg pernah ditukar dengan Manhattan. Sumber: Hans Peter Grumpe/ www.hpgrumpe.de
Manhattan adalah sebuah pulau yang terletak di ujung selatan Sungai Hudson. Pulau ini adalah salah satu dari lima borough (wilayah kota) yang membentuk kota New York pada tahun 1898. 

Meskipun berukuran terkecil dibandingkan wilayah lainnya, seperti Bronx, Brooklyn, Queens, dan Staten Island, namun Manhattan bisa dibilang sebagai borough terpenting. Betapa tidak, di atas Manhattan inilah berdiri sebagian besar kawasan paling terkenal di kota terbesar di AS ini.

Sebut saja misalnya, Financial District di Lower Manhattan, Times Square di Midtown, Central Park di Upper West & Upper East Sides, dan lain-lain. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x