Mohon tunggu...
Tonny Syiariel
Tonny Syiariel Mohon Tunggu... Travel Management Consultant and Professional Tour Leader

Travel Management Consultant, Professional Tour Leader, Founder of ITLA

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Barcelona, Kota Gaudi di Spanyol

3 Maret 2021   16:36 Diperbarui: 3 Maret 2021   23:29 601 90 35 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Barcelona, Kota Gaudi di Spanyol
Sagrada Familia - Barcelona. Sumber: koleksi pribadi

Barcelona, Barcelona... Bagi pelancong dunia, kota indah di pesisir Mediteranean ini selalu menjadi destinasi wisata impian untuk dijelajahi. Sementara bagi penikmat arsitektur, kota terbesar kedua di Spanyol ini pasti mengingatkan nama arsitek jenius Antoni Gaudi. Dan bagi pecinta bola, ibu kota Catalonia ini seakan identik dengan FC Barcelona alias Barca, salah satu klub paling terkenal di Spanyol dan juga di dunia.

Barcelona adalah sebuah kota yang sangat masyhur di sepanjang pesisir Laut Mediternanean. Sebagai ibu kota wilayah otonom Catalonia atau Catalunya, kota berpenduduk sekitar 1.6 juta ini memiliki hampir segalanya untuk menjadi salah satu destinasi tujuan wisata terdepan di negara matador Spanyol.

Kota pelabuhan ini tidak hanya menyimpan sejarah panjang, mulai dari era Romawi, Visigoth, Moorish hingga zaman Monarki Spanyol. Tetapi, juga memiliki warna budaya yang menarik. 

Suatu perpaduan dari budaya lokal dengan berbagai budaya bangsa yang pernah mendudukinya. Alhasil, semuanya itu ikut memengaruhi gaya hidup Barcelonian, arsitektur kota yang semarak dan cita rasa kuliner yang unik.

Torre Glories, menara dgn arsitektur unik di Barcelona. Sumber: koleksi pribadi
Torre Glories, menara dgn arsitektur unik di Barcelona. Sumber: koleksi pribadi
Meskipun demikian, nama Barcelona sejatinya baru berkibar di pentas pariwisata dunia setelah menjadi tuan rumah "1992 Summer Olympics" atau dikenal saat itu sebagai "Barcelona '92". Pesta olahraga terbesar di dunia itu tidak hanya merubah wajah kota Barcelona, tetapi membuka mata dunia akan pesona kota menawan ini.

Dalam peta pariwisata terkini, Barcelona telah berkembang menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat populer. Wisatawan yang datang tidak hanya lewat bandara dan darat, tetapi juga melalui pelabuhan laut, khususnya dari kapal-kapal pesiar yang kerap singgah di Port of Barcelona. Tahun 2019, misalnya, Barcelona mampu menarik hampir 10 juta wisatawan asing.

Pelabuhan kapal pesiar Barcelona. Sumber: koleksi pribadi
Pelabuhan kapal pesiar Barcelona. Sumber: koleksi pribadi
Letak geografis Barcelona memang sangat strategis. Bandara utama di kota ini, Aeroport de Barcelona - El Prat, melayani berbagai penerbangan dari hampir semua kota besar di Eropa, serta banyak kota lainnya di dunia. 

Kota ini pun mudah dicapai lewat jalan bebas hambatan yang mulus dari berbagai kota lainnya di Spanyol maupun beberapa kota di selatan Prancis.

Barcelona hanya berjarak sekitar 350 km dari Valencia dan 625 km dari ibu kota Madrid, jauh? Tidak juga. Dengan kereta api cepat AVE (Alta Velocidad Espanola) yang terkenal, rute Barcelona-Madrid bisa dilahap dalam waktu kurang dari 3 jam. Kereta api cepat ini mampu melaju hingga 300 km per jam.

Sebagai destinasi wisata ternama, Barcelona memiliki banyak objek wisata unggulan, mulai dari era gotik hingga modernisme. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN