Mohon tunggu...
TOMY PERUCHO
TOMY PERUCHO Mohon Tunggu... Praktisi Perbankan, berkeluarga dan memiliki 2 orang anak.
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Agama : Islam. Pengalaman kerja : 1994-2020 di Perbankan. Aktif menulis di dalam perusahaan dan aktif mengajar (trainer di internal perusahaan) dan di kampus.

Selanjutnya

Tutup

Digital

Gawai

1 Juli 2020   07:00 Diperbarui: 1 Juli 2020   07:06 4 0 0 Mohon Tunggu...

Kendala utama yang sering kita jumpai di berbagai bidang adalah masalah komunikasi. Cara kita berkomunikasi, bahasa, sikap, dan sebagainya.

Hal lain terkait masalah komunikasi adalah masalah perangkat komunikasi (gawai) yang digunakan sebagai alat dan media komunikasi.

Artikel di bawah ini mengangkat Gawai (Handphone/Smart phone) sebagai analogi sederhana bahwa komunikasi itu agar berjalan lancar harus melibatkan setidaknya 3 hal, yaitu: Jaringan/sinyal komunikasi, Pulsa, dan Batere. Ketiga nya harus siap digunakan secara bersamaan, tidak bisa dilakukan apabila salah satunya tidak problem...

Perkembangan teknologi komunikasi saat ini mengalami kemajuan demikian pesat, salah satunya adalah mobile phone atau handphone yang kita rasakan langsung manfaatnya. 

Begitu banyak produk handphone ditawarkan di masyarakat, dari yang murah hingga yang mahal dengan berbagai merek dengan masing2 keragaman model dan keunggulan features serta spec nya yang membuat pengguna HP semakin dimanjakan. Selain itu, HP tidak saja sekedar alat komunikasi tetapi juga dapat berfungsi sebagai media hiburan.

Namun demikian seberapapun canggihnya sebuah Gawai/HP yang kita gunakan, dalam penggunaannya sehari2 kita seringkali menghadapi gangguan & masalah ketika berkomunikasi. Di bawah ini beberapa contoh ganggunan yang sering kita jumpai dan sangat mungkin terjadi pula pada diri kita :

  • Yang terkait dengan gangguan jaringan/sinyal komunikasi : "Hallo, selamat pagi Pak...kresek3x...saya ... hallo...hallo...tulalitt...waaah payah...sinyal nya ngga bagus nih..."
  • Terkait dengan ketersediaan Pulsa : "Oya, nanti kita ketemu jam....." pet, hallo...hallo... waduh gimana ya pulsa nya habis ... padahal lagi penting2 nya lho..."
  • Gangguan pada Batere HP : "Tadi saya hubungi tapi HP kamu ngga aktif...?" Maaf Pak, low bat sedang di charge..."

Masalah dan gangguan di atas kelihatannya sepele, tetapi dampaknya bisa besar karena akibat gangguan pada komunikasi, dapat menyebabkan hilangnya peluang2 bisnis, appointment2 penting, pembicaraan dan keputusan2 pentingpun tertunda, dll.

Bila kita telaah lebih jauh, ternyata HP bukan hanya sekedar alat komunikasi, tetapi di dalamnya terkandung "value" yang dapat kita jadikan analogi bagaimana kita membangun komunikasi dan sinergi yang efektif sebagai salah satu cara mitigasi risiko operasional. Mengapa demikian?

Pada sebuah Gawai/HP, terdapat 3 hal penting, yaitu : Sinyal komunikasi yang kuat dan jernih, Pulsa yang cukup, dan Batere yang tahan lama.

Secara bersamaan, ketiga komponen tersebut haruslah berfungsi dengan baik. 

Sebuah HP tidak akan berfungsi optimal bila salah satu dari komponen tersebut tidak berfungsi, seperti : bila sinyal komunikasi buruk suara tidak jelas komunikasi terhambat walaupun pulsa cukup dan batere full, pulsa habis komunikasi terhenti...untuk prabayar pulsa harus diisi terlebih dulu... apalagi bila low bat..HP benar2 tidak dapat digunakan, sekalipun pulsa cukup dan tidak ada masalah dengan jaringan! Perlu ada batere cadangan seperti power bank atau HP harus di charge dulu dan perlu waktu! Komunikasi penting tidak dapat menunggu! Ketiga nya harus ready.

Realisasinya pada aktivitas kita sehari2 di dalam kehidupan dan organisasi, adalah:

Sinyal komunikasi yang kuat, merupakan refleksi dari komunikasi, sinergi, koordinasi, silaturahmi, good relationship, teamwork yang solid, fleksibel, toleran, carefrontational yang dibangun dengan baik, dimulai dari antar individu maupun antar team, antar unit kerja, dan seterusnya. Semakin baik dan semakin erat komunikasi dibangun, semakin mudah dalam bersinergi dan berkoordinasi untuk mencapai target2 bisnis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN