Debat kedua Calon Presiden, antara Calon Presiden 01 Joko Widodo dan Calon Presiden 02 Prabowo Subianto berlangsung hari Minggu 17 Februari, dua hari lalu. Berbeda dengan debat pertama, debat kedua ini hanya antara Calon Presiden Saja, tanpa Calon Wakil Presiden.
Di media sosial, warganet riuh membicarakan soal debat kedua yang mengangkat isu lingkungan hidup, energi yang terbarukan, infrastruktur dan sumber daya alam ini. Selain ramai dengan perang tagar antara tim media sosial kedua capres, sejumlah akun resmi media sosial di twitter juga menggelar sejumlah polling.
Siapa pemenang polling yang dibuat di media sosial ini?Â
Beberapa hari lalu, salah seorang kompasianer mengatakan bahwa tim media sosial Capres 01 Joko Widodo kalah telak dan memalukan. Tulisan tersebut menyebutkan bahwa TIm Media Sosial Capres 01 kalah karena tagar UnInstall Joko Widodo dan Shut Down Jokowi trending.
Namun, beberapa hari kemudian, ternyata, yang terjadi dari Polling di twitter adalah Tim Media Sosial Capres 02, keok alias kalah telak. Kenapa saya bilang seperti itu? Lebih baik saya paparkan saja berdasarkan hasil polling di twitter.Â
Polling di twitter ini dibuat oleh sejumlah media seperti Berita Satu, MNC Trijaya, Radio Elshinta, Republika Online, Tempo Dot Co hingga iNews TV dan Media Sosial Indonesia Lawyers Club. Salah satu penyanyi legendaris Indonesia, Iwan Fals juga menggelar Polling di akun twitternya.
Untuk Polling yang digelar oleh tempo.co, Capres O1 Joko Widodo unggul dengan persentas 55 persen berbanding 45 persen. Polling di tempo.co ini melibatkan pengguna twitter sebanyak 114.718.
Polling terbanyak ke-2 setelah tempo.co adalah yang dilakukan oleh akun media sosial ILC TV One. Polling ini diikuti oleh 102.843 pengguna twitter. Hasilnya Jokowi menang dengan vote yang mencapai 59 persen. Jumlah ini lebih tinggi dibandingkan di tempo.co. Berdasarkan data ini, lebih dari 60 ribu pengguna twitter memilih Jokowi.