Mohon tunggu...
Thomas Jan Bernadus
Thomas Jan Bernadus Mohon Tunggu... A Freelance Blogger

blogger free lance

Selanjutnya

Tutup

Hiburan Pilihan

Selamat Jalan Stephen Hillenburg, Ahli Biologi Laut Pencipta "Spongebob Squarepants"

28 November 2018   13:24 Diperbarui: 28 November 2018   13:28 0 2 0 Mohon Tunggu...
Selamat Jalan Stephen Hillenburg, Ahli Biologi Laut Pencipta "Spongebob Squarepants"
consequenceofsound.net

Dunia hiburan, kembali berduka. 

Awal November lalu, pencipta karakter marvel, seperti Spiderman dan Iron Man, yaitu Stan Lee wafat.

Jagad media sosial kemudian diramaikan dengan wafatnya Stan Lee. Bahkan beberapa aktor dan aktris pemeran karakter Marvel ikutan berduka lewat pernyataan mereka di media sosial.

Belum sebulan berlalu, pencipta karakter Sponge Bob dikabarkan wafat. Pencipta kerja tersebut adalah Stephen Hillenburg. 

Stephen Hillenburg ini meninggal di usia 57 karena penyakit ALS yang diidapnya. Bagi saya, ini tentunya sebuah kehilangan, meskipun saya bukan seorang penggemar karakter Spongebob Squarepants ini ini.

Ternyata, Stephen Hillenburg ini merupakan seorang ahli biologi laut. Dia sempat mengajar tentang Biologi Laut di Ocean Institute. Bahkan Hillenburg di Humboldt State University, dia mendapatkan gelar dalam interpretasi dan perencanaan sumber daya laut pada tahun 1984.

Hillenburg kemudian mengikuti California Institute of Arts pada tahun 1992 untuk membantu Karakter Animasi. Setelah penghentian Rocko's Modern Life dimana dia menjadi penulis, produser dan story board artist, Hillenburg tahun 1996 mengembangkan karakter Spongebob Squarepants. 

Tahun 1999, Spongebob mulai tayang. Tidak kurang dari 356 episode film ini yang dibuat. Untuk film ini, Hillenburg mendapatkan 1 Emmy Award dan 6 Annie Award.

Karakter Spongebob ini memang menjadi salah satu tayangan film kartun di televisi yang ngehits di Indonesia dalam satu hingga dua dekade terakhir.

Meskipun sempat bersaing dengan Dora The Explorer dan film kartun Jepang lainnya, Spongebob dan kawan-kawannya seperti Patrick dan Mr Crab serta dunia Bikini Bottom ini tetap bertahan.

Merchandise Karakter Spongebob ini banyak yang dipakai oleh anak-anak mulai dari Seprai, Baju hingga Boneka meskipun merchandise tersebut bukanlah original. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x