Mohon tunggu...
maria etika
maria etika Mohon Tunggu...

sharing is caring.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Kerja atau Usaha?

12 Januari 2019   03:05 Diperbarui: 12 Januari 2019   03:05 0 1 0 Mohon Tunggu...
Kerja atau Usaha?
flaticon.com

topik kali ini sepertinya akan memancing para pencari kerja nih.. apalagi buat yang sudah nganggur lama karena susah dapet kerja. Kerja kantoran atau buat usaha sendiri ya? bingung? eitss, sebelum memutuskan harus di cek dulu dong kelebihan dan kekurangan dari dua pilihan ini! banyak dari kalian pasti mau nya buat usaha sendiri kan? pasti karena takut dapet perusahaan yang gak cocok apalagi kalau dapet atasan yang mungkin tiap menit suka bikin jantungan. 

Bagi saya, kerja atau usaha bukanlah sebuah pilihan yang harus dipilih salah satu. menurut pandangan saya, apabila ingin membuka usaha haruslah memiliki pengalaman. pengalaman dapat diperoleh salah satunya dari kerja. kalau kalian kerja pasti kan dari bawah, kalian pasti akan merasakan tekanan, dan kalian pasti dapat menilai tiap-tiap orang dalam ruang kerja kalian. 

semua pengalaman itu akan sangat berpengaruh kalau kalian ingin membuka usaha nantinya. kalian dapat belajar bagaimana cara bersikap dan berkomunikasi antara kalian (sebagai pemilik usaha) dan pekerja-pekerja yang bekerja di perusahaan kalian, singkatnya kalian tidak akan semena-mena karena pernah diposisi seperti mereka.  kerja kantoran atau membuka usaha sendiri memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

kekurangan membuat usaha sendiri:

1. modal

perlu kita catat bahwa untuk membuat usaha sendiri pasti membutuhkan modal, bisa modal sedikit atau modal yang banyak tergantung apa usaha yang mau di buat. "gampang, modal kan cuma di awal" TIDAK! kalau itu sih namanya modal awal. modal yang dibahas ini adalah modal yang selalu dibutuhkan setiap bulan yang dicicil dari keuntungan yang di dapat. setidaknya untuk balik modal harus punya kesabaran dan semangat ya!

2. paham tentang bisnis

ini yang penting! jelas harus paham tentang bisnis agar usaha tetap stabil. niat tanpa pengetahuan itu sia-sia karena kalau kalian cuma modal niat usaha tapi gak tau bisnis, nanti yang ada malah rugi dan tertipu alias gagal. tenang, banyak kok sekolah bisnis yang dapat kalian ikuti agar setidaknya
punya modal pengetahuan tentang bisnis yang nanti kalian buka dan jalani. kalau sudah paham, kalian bisa lebih gampang memilih pekerja-pekerja yang berpengalaman dalam bidang usaha kalian, interview aja, kan sudah pintar bisnis..

3. tempat usaha

susahnya adalah mencari tempat usaha yang strategis. harus betul-betul di teliti apakah tempat usaha kedepannya dapat menguntungkan usaha yang kita buat. 

4. tanggung jawab

disini kalian akan menjadi pemilik usaha sehingga tanggung jawab yang kalian miliki sangatlah besar terhadap usaha kalian dan terhadap pekerja-pekerja yang harus kalian apresiasi dengan baik. biaya kedepan akan sangat mahal dan kalian harus menyikapi dengan bijak dan bertanggung jawab. sikap yang kalian miliki kedepannya menentukan hasil dari usaha kalian. jika malas-malasan, usaha akan berjalan sangat lamban dan mungkin paling buruknya adalah bangkrut, gak mau kan?

5. kesiapan

kesiapan yang dimaksud adalah sikap siap kalian di masa tua nanti. "masih jauh, masih lama" waduh! itu harus dipikirkan matang-matang loh dari sekarang. kalian pasti optimis perusahaan akan sangat maju sampai tua nanti, tapi gak mungkin dong kalian akan tetap kuat seperti saat muda. so, siapkan diri kalian! siapa tahu anak kalian yang akan meneruskan?

kelebihan membuat usaha sendiri:

membuat usaha sendiri berarti usaha itu dibuat berdasarkan apa yang kalian ingini. kalian sendiri yang menentukan dari A - Z dan sifatnya lebih bebas terserah kalian. peraturan dibuat oleh kalian sehingga akan lebih fleksibel untuk diri kalian sendiri. jam kerja juga kalian yang menentukan sehingga akan lebih leluasa tanpa adanya tekanan. intinya, kalian yang membuat, kalian yang mengatur, kalian yang menjalani, dan kalian yang menikmati. apabila kalian ingin keuntungan besar, maka kalian sendiri yang harus berusaha untuk mencapainya. kerja secara maksimal, tekun, serius, dan konsisten ya!

kekurangan kerja kantoran:

seorang pekerja, seorang karyawan tentu harus mentaati atasan serta peraturan yang berlaku di perusahaan. banyak batasan yang harus dipatuhi. aturan dalam perusahaan tidak bisa ditawar atau dilanggar, mungkin bisa tapi tidak bisa secara terus menerus karena bisa-bisa karir yang sedang kita jalani dapat berhenti saat itu juga alias di p-e-c-a-t. kalian tidak bisa leluasa bekerja karena harus sesuai permintaan. suasana kantor belum tentu dapat sesuai dengan yang kalian inginkan karena bisa saja kalian merasa tidak nyaman dengan orang-orang dikantor yang harus kalian hadapi dengan senyum palsu kalian..

kelebihan kerja kantoran:

1. gaji

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2