Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Konsultan - Kompasianer of the Year 2014

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Menerbangkan Drone, Tidak Semudah Main Mobil-mobilan

1 Oktober 2022   20:32 Diperbarui: 1 Oktober 2022   20:35 206 29 18
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber berita dan gambar:ABC.net.au

Drone Nyangkut Dikabel Listrik 

Salah satu mainan tercanggih adalah Drone. Saya pernah diajak putera kami ,beberapa tahun lalu. Seingat saya tahun 2017. Drone dibeli oleh putra kami dalam perjalanannya ke Amerika Serikat.  Karena memang belum pernah menerbangkan Drone ,maka ajakan putra kami,langsung saya iyakan. Saya dan isteri ke rumah putra kami,yang lokasinya hanya beberapa menit berkendaraan.

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi

Mainan Drone, tidak semudah main mobil mobilan,karena memliki resiko cukup tinggi, Antara lain,kalau tidak hati hari,dapat menabrak jendela rumah tetangga atau  mengganggu lalu lintas.Karena itu ada aturan yang harus ditaati pengguna drone,antara lain,dilarang mengoperasikan di daerah yang ramai dengan lalu lintas dan tentunya dekat lapangan terbang .Menerbangkan Drone tidak boleh melebihi ketinggian 12o meter.   

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi

Untuk  mengoperasikan Drone, dibutuhkan pengetahuan dasar,bagaimana menggunakan remote control.  Lampu merah yang menyala, memberikan kita kemudahan, untuk menentukan bahwa itu adalah bagian depannya. Bagaimana mengesernya untuk naik lebih tinggi atau turun kebawah.Seandainya saat terbang,baterai low,tidak perlu cemas,karena Drone akan otomatis kembal ke Pangkalan,yakni dimana kita mengoperasikannya.
Drone dapat dimanfaatkan untuk mengambil foto dari udara yang hasilnya jauh lebih bersih dan jelas dibandingkan dengan pengambilan dengan mengunakan zoom. Karena Drone dapat dikendalikan, sehingga terbang merendah ke objek foto.

Kembali Kejudul

Baru tahu,ternyata kini Drone sudah dimanfaatkan sebagai Transportasi mengantarkan pesanan,dengan menerbangkan pesawat tanpa awak ini. Tetapi,kali ini,entah yang mengoperasikan kurang hati hati,maka Drone  yang dioperasiakan untuk mengantarkan pesanan makanan,menyangkut dikabel listrik. Yang mengakibatkan padamnya listerik dan ribuan rumah menjadi gelap gulita karena padamnya aliran listrik

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan