Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Konsultan - Kompasianer of the Year 2014

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Ini Contoh Artikel Sampah yang Masuk Artikel Utama (Bukan Humor)

16 Januari 2022   18:05 Diperbarui: 16 Januari 2022   18:29 1255 61 28
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Tempat payung di atas adalah seratus persen dari sampah sampah kertas dari majalah dan brosur, hasil kreasi Roselina Tjiptadinata | Foto: Roselina Tjiptadinata

Melihat Sampah dari Sudut Lain

Entah angin darimana ,tetiba saja di Kompasiana terjadi gegar tentang: "tulisan sampah", yang dikupas dari berbagai sudut pandang. Selama ini yang  dijadikan bahan perbincangan atau diskusi adalah  tulisan "inspiratif," ada tulisan: "menarik" serta ada juga tulisan "aktual." Baru kali ini tulisan sampah, jadi topik pembicaraan dan diskusi di Rumah Kita Bersama yang bernama Kompasiana ini.

Sesungguhnya kata "sampah" tidak selalu disertai konotasi buruk, karena sampah itu perlu dan mutlak ada dalam hidup kita. Bayangkan bila kita makan ikan bersama tulangnya, kasihan kucing tidak punya kesempatan lagi menikmati tulang ikan. 

Begitu juga bila saking nikmatnya sop buntut, maka tulang tulangnya juga kita sikat habis. Kasihan si doggy nggak bakalan dapat lagi makan tulang. 

Kesimpulannya, baik buruk sampah, tergantung dari sudut pandang masing masing orang. Bagi yang mampu mengubah sampah menjadi karya seni yang mahal, tentu saja sampah adalah merupakan berkah bagi dirinya. Tapi bagi orang yang tidak mampu mengolah dan sudah terbiasa menjalani hidup dengan prinsip: "Habis manis sepah dibuang," maka sampah menjadi sesuatu yang menjijikan baginya.

Salah satu tulisan saya yang ditempatkan di Artikel Utama oleh Admin adalah: "Melihat Sampah dari Sudut Lain" 

Foto: Roselina Tjiptadinata
Foto: Roselina Tjiptadinata

Cara Mudah dan Instant Mengubah Sampah Jadi Pupuk

Tulisan sampah kedua yang terpilih masuk Artikel Utama adalah artikel saya yang berjudul: "Cara Mudah dan Instant Mengubah Sampah Jadi Pupuk." 

Karena ada ketentuan bahwa dilarang menulis ulang, artikel yang sudah pernah ditayangkan, baik sebagian maupun seluruhnya, maka silakan dibaca sendiri untuk membuktikan bahwa memang benar artikel sampah karya tulis saya masuk Headline.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan