Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Konsultan - Kompasianer of the Year 2014

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Inilah Jajan Saya Sewaktu Kecil

4 Desember 2021   20:07 Diperbarui: 4 Desember 2021   20:12 145 22 12
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

gambar ilustrasi tombong kelapa: idntimes.com

Tombong Kelapa

Seperti yang sudah pernah saya ceritakan,kehidupan saya semasa kanak kanak,jauh dari gambaran hidup anak anak diera terkini. Saya anak ke 9 dari total kami 11 bersaudara .Sarapan pagi,ubi rebus atau sepotong pisang rebus.karena untuk beli minyak goreng terlalu mahal bagi keluarga kami. Kakak kakak saya kerja di pelabuhan dan satu lagi dipabrik sebagai buruh dan yang seorang lagi mencoba jadi pedagang perantara. Tapi belum ada yang mampu mandiri. 

Sementara itu, ayah kami yang awalnya adalah Supir Truk yang bertugas mengantarkan barang ke luar kota,sehingga hanya seminggu sekali bisa pulang ketemu keluarga Karena ketiadaan biaya dan hidup dengan makanan apa adanya,adik kami yang masih kecil tidak mampu bertahan hidup.

Saat sakit ,tidak ada uang untuk biaya berobat dan hanya bisa minta tolong "orang pintar".Tapi keduanya tidak mampu bertahan hidup dan meninggal sewaktu kecil. Saya ikut mengantarkan kepergian adik saya ketempat istirahat terakhir di Bukit Sentiong dan dimakamkan disamping makam Engkong kami Sejak saat itu,ayah kami alih profesi menjadi Kusir Bendi ,agar bisa dekat dengan keluarga,dengan penghasilan yang jauh lebih minim. 

Waktu itu masih duduk di SD yang waktu itu namanya Sekolah Rakyat,saya dan adik diantarkan oleh Emak kami  ,dengan jalan kaki dari Pulau Karam ke rumah sekolah. Tapi sewaktu duduk dikelas 3, Emak kami ditabrak  kendaraan sewaktu menjemput saya dan adik. Setelah itu,emak tidak mampu lagi jalan kaki mengantarkan kami kesekolah dan kami jalan kaki berdua.

rumah-di-kali-kecil-61ab655706310e6add624582.jpg
rumah-di-kali-kecil-61ab655706310e6add624582.jpg

ket.inilah rumah kami tempo dulu,yang berlokasi di pulau karam di kota Padang,dibelakang tampak latar belakang Bukit Sentiong'/dokumentasi pribadi

Pulang Sekolah 

Pulang sekolah ,usai makan siang seadanya,saya jualan Pale bada ,buatan ibu saya ,walaupun keuntungan sedikit,tapi lumayan bisa membantu, Sore hari saya nongkrong dirumah tetangga,yang  membangun semacam Industri Rumah dalam membuat minyak dari kelapa. Buah kelapa dipesan dari berbagai daerah,termasuk dari Mentawai.  Kelapa yang datang ditumpuk dalam gudang yang terbuat dari bambu dan beratapkan rumbia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan