Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Kompasianer of the Year 2014

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Tugu Kenangan Korban MH 370 Batal Dibangun

27 Oktober 2020   17:06 Diperbarui: 27 Oktober 2020   17:13 162 35 15 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tugu Kenangan Korban MH 370 Batal Dibangun
ket. foto: saya diapit oleh kedua keponakan Ferry dan Herry yang berada dalam pesawat MH370 dan tak pernah ada beritanya lagi (dokpri)

Keluarga Korban Bangun Monumen Secara Virtual Dalam Hati Masing Masing

Mengapa tetiba saya ingat untuk menulis peristiwa naas yang menimpa MH370? Hari ini saya dan isteri menelpon kakak perempuan saya yang merupakan satu satunya saudara yang masih tersisa dari total 11 orang kami bersaudara. Karena hari ini Yanita Effendi kakak saya tepat berusia 80 tahun. 

Masih sehat, bahkan masih naik motor setiap hari untuk keperluan berbelanja. Setiap kali menelpon saya selalu menahan diri untuk tidak bertanya "Bagaimana dengan anak anak?" Karena hanya akan mengorek luka lama saja. Mengingat kedua orang putera kakak saya ikut hilang bersama MH 370  dan hingga kini masih belum dapat kepastian dimana jatuhnya. Tapi secara resmi pemerintah Malaysia telah menyatakan bahwa semua penumpang berikut awak pesawat semuanya tewas. 

ket. foto: hingga saat ini, terkadang saya tidak percaya bahwa keduanya sudah tiada, karena seminggu sebelum mereka hilang kami sempat makan malam bersama (dokpri)
ket. foto: hingga saat ini, terkadang saya tidak percaya bahwa keduanya sudah tiada, karena seminggu sebelum mereka hilang kami sempat makan malam bersama (dokpri)

Sekilas Review Kejadian

Pesawat MH370 yang lepas landas dari Malaysia, dengan membawa penumpang berjumlah 239 orang dalam penerbangan menuju ke Beijing. Kehilangan kontak dan dinyatakan hilang. Sebagian besar penumpang berasal dari China Sedangkan penumpang dari Indonesia berjumlah 7 orang, diantaranya terdapat 2 (dua) orang kakak beradik: Ferry Indra (42 tahun) dan Herry Indra (35 tahun), yakni anak dari kakak perempuan saya yang tinggal di Bandung.

Kendati operasi terbesar dan termahal sepanjang sejarah dunia yang melibatkan 29 negara di dunia serta didukung oleh 50 pesawat super canggih dan 49 kapal pelacak, namun segala upaya yang spektakuler ini ternyata tak pernah mampu mengungkapkan misteri hilangnya MH370 bersama seluruh penumpang dan awak pesawatnya. 

Batal Membangun Monumen Kenangan Untuk Korban MH370

Rencana pemerintah Australia Barat untuk membangun monumen untuk mengenang korban tewas bersama MH370 tidak jadi dilanjutkan. Karena mendapatkan reaksi menolak dari keluarga korban di China. 

Korban yang tewas dua pertiganya adalah warga China. Bagi orang China, mendirikan monumen berarati sudah menerima kenyataan bahwa seluruh anggota keluarga mereka yang ikut dalam penerbangan tersebut sudah tewas. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x