Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Pendiri dan Ketua Yayasan Waskita Reiki Pusat Penyembuhan Alami

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Mewawancarai Polisi Australia

18 Agustus 2019   05:44 Diperbarui: 18 Agustus 2019   06:04 0 41 26 Mohon Tunggu...
Mewawancarai Polisi Australia
dokumentasi pribadi

Uji Coba Test Narkoba

Pada awal saya tinggal di Australia,dalam sebulan mungkin hanya sekali atau dua kali saya di stop oleh Polisi.karena setiap pengemudi harus menjalani Breath Test atau Test Pernafasan. 

Pada waktu itu,alat yang digunakan untuk Breath Test ,masih cara lama.yakni alat ditempelkan di depan mulut kita dan diminta untuk menghitung,satu dua tiga dan seterusnya ,hingga sepuluh. 

Kemudian Polisi menengok ke alat deteksi dan bila tidak terbukti kita sudah minum alkohol sebelum mengemudi ,maka akan dipersilahkan melanjutkan perjalanan.

Tapi sejak tahun lalu,semakin sering saya mengalami Breath Test.Terkadang dalam seminggu bisa dua tiga kali,karena kebetulan lewat di lokasi yang sering diadakan razia.

Dari kejauhan sudah tampak.kendaraan Polisi yang lampu pijarnya menyala dan tanda tanda agar memperlambat kendaraan sudah dapat dilihat dari jarak sekitar beberapa ratus meter.

Akan tetapi Breath Test yang belakangan ,sudah tidak pakai hitung 1 sampai 10 lagi,melainkan dengan jalan ,meniup pipa kecil yang ada pada alat Breath Test.

dokumentasi pribadi/razzia Breath Test
dokumentasi pribadi/razzia Breath Test
Untuk Menekan Angka Kematian Akibat Lalin

Walaupun jalan sangat mulus ,bahkan sudah diperlebar,tapi tetap saja,hampir setiap hari  terjadi kecelakaan lalu lintas. Karena itu,frekuensi Breath Test semakin ditingkatkan.Baik di New South Wales,maupun di Western Australia. 

Beberapa waktu lalu,ketika kami mengunjungi putri kami di Wollongong .tengah malam sewaktu saya dan istri menuju pulang,tiba tiba ada kendaraan Polisi yang menghadang di depan.

Sehingga kendaraan saya hentikan. Ternyata dikira saya mabuk.karena mengemudikan terlalu lambat . Padahal karena jalan menuju ke rumah sempit,maka saya memperlambat laju kendaraan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x