Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Pendiri dan Ketua Yayasan Waskita Reiki Pusat Penyembuhan Alami - Penulis buku buku National Best Seller yang diterbitkan oleh PT.Elek Media Komputindo Jakarta.Penulis buku :" Your Choice is your life "

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Bangun Pagi Perasaan Tidak Karuan, Apa yang Harus Dilakukan?

25 Juni 2019   07:14 Diperbarui: 25 Juni 2019   07:38 0 13 4 Mohon Tunggu...
Bangun Pagi Perasaan Tidak Karuan, Apa yang Harus Dilakukan?
Ilustrasi: pixabay.com

Rasanya tidak perlu bersusah payah untuk berselancar di google untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan kata "galau". Walaupun mungkin tidak persis sama, kata demi kata dengan apa yang tertulis di kamus KBBI online, tapi semua orang memahami  bahwa hati yang lagi galau itu adalah suasana hati yang tidak menentu. 

Kalau boleh diibaratkan seperti rasa kopi yang tercampur dengan segelas cendol. Tidak karuan rasanya.Rasa sedih,kecewa ,kuatir ,marah dan entah perasaan apalagi, semuanya campur aduk dalam hati kita. 

Anehnya, hal ini justru terjadi, ketika kita baru bangun tidur. Rasanya tidak ada masalah berat,tapi mengapa hati saya kok bisa jadi galau begini?

Suasana hati dipengaruhi oleh banyak faktor. Bisa merupakan faktor internal maupun faktor eksternal yang menjadi penyebab memicu suasana hati yang tidak nyaman dan  menjadi galau. 

Penyebab yang terbesar suasana hati kita menjadi tidak tenang, murung ,sedih dan marah, adalah akibat dari pikiran kita mengolah hal hal yang sesungguhnya tidak perlu dipikirkan. Akibatnya terbawa ketika kita tidur,dengan membawa segala masalah yang sedang dihadapi.

Akibatnya ketika seharusnya tubuh kita mendapatkan kesempatan untuk melakukan self recovery atau pemulihan diri sendiri,justru dicekoki dengan beban pikiran.

Yang direspons oleh alam bawah sadar (subconscious mind ),sehingga sepanjang malam,energi kita terkuras habis. Karena itu,tidak mengherankan bilamana bangun pagi, rasanya lemas,tidak bersemangat dan suasana hati yang tidak karuan

Jangan Membawa Tidur Masalah

Selama kita masih bernafas, maka kita tidak akan pernah lepas dari berbagai masalah. Quote "Life is a problem. No,problem,means life is ended" Hidup adalah sebuah masalah, kalau tidak ada lagi masalah,berarti hidup sudah selesai. 

Maka apapun masalahnya, kalau memang tidak dapat diselesaikan pada hari itu juga,maka jangan terus dipikirkan, karena tidak ada gunanya.Apalagi  dibawa tidur. Karena akibatnya adalah seperti yang sudah dijelaskan diatas. "Kantongi "masalahnya dan baru esok hari dicari lagi jalan keluarnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2