Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Pendiri dan Ketua Yayasan Waskita Reiki Pusat Penyembuhan Alami - Penulis buku buku National Best Seller yang diterbitkan oleh PT.Elek Media Komputindo Jakarta.Penulis buku :" Your Choice is your life "

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Negeri Impian untuk Para Lansia

22 April 2019   18:50 Diperbarui: 22 April 2019   19:00 0 31 17 Mohon Tunggu...
Negeri Impian untuk Para Lansia
senior-citizen-7-5cbda73ecc5283649f085924.jpg

ket.foto: Tabloid Senior dibagikan gratis pagi pemegang Senior Card/dokumentasi tjiptadinata effendi

Orang Tua Berada Diposisi Terhormat

Menyaksikan betapa orang orang lanjut usia mendapatkan tempat terhormat dalam masyarakat,maka sebagai salah seorang warga Indonesia, sejujurnya  saya merasa :"iri hati". Melihat kondisi para orang tua di negeri kita,yang kebetulan anak anaknya, harus hidup pas pasan,maka para orang tua harus iklas hidup dalam serba kekurangan ,menjalani hari tuanya. 

Duduk melamur sepanjang hari dirumah,karena tidak tahu mau kemana? Karena keluar rumah,berarti sudah harus ada uang dikantong,setidaknya untuk minum secangkir kopi bila haus dan lapar. Apalagi kalau ,kondisi kesehatan tidak mendukung, maka tidak jarang para orang tua,seakan akan hidup hanya menunggu panggilan Tuhan . 

Pengalaman kami ,selama  belasan tahun berkunjung dari satu daerah kedaerah lainnya dan mendengarkan kisah kisah hidup yang sungguh amat memperihatikan, Bahkan salah seorang teman saya sewaktu muda,ketika ketemu beberapa bulan lalu di Pasar Tanah Kongsi, sempat tidak mampu menahan tangisnya,ketika menceritakan ,betapa ketika ia mengunjungi rumah putrinya,cucunya bukannya lari memeluk dirinya,melainkan lari kedalam rumah,sambil berteriak :" Mama.. tuh si Opa datang lagi, Pasti mau minta duit lagi" 

Sahabat saya menangis menceritakannya dan saya yang  mendengarkan juga tidak mampu menahan menetesnya air mata. Kami bersyukur kepada Tuhan,tidak pernah mengalami hal menyakitkan seperti itu. Dan saya yakin, sahabat saya,bukan satu satunya yang mengalaminya.

dok,tjiptadinata effendi
dok,tjiptadinata effendi

Kembali Kejudul Tulisan

Kami baru pulang dari Club. sekedar bertemu teman teman lama ,sambil menyeruput secangkir capucinno hangat . Dalam keterbatasan berbahasa Inggeris, tidak menjadi halangan bagi kami untuk saling bercerita pengalaman hidup. Namun, disin para Senior Citizen, bercerita sambil ketawa ketawa, karena untuk keluar rumah,mereka tidak perlu membayar taksi,bagi yang tidak mampu lagi mengemudikan kendaraan,karena kondisi tidak memungkinkan. Karena ada kendaraan yang siap antar jemput,tanpa harus membayar apapun dan tidak ada tip untuk Sopir,karena sudah dibayuar oleh Pemerintah. 

Kalau sekedar untuk makan malam di Club,mereka tidak usah repot,karena semua mendapatkan tunjangan dari Pemerintah ,melalui Centerlink.  Bahkan dibeberapa Club, minuman ringan dan secangkir kopi, boleh diminum secara gratis. Bagi yang senang main Bingo,bisa minta diantarkan di club yang sering mengadakan permainan Bingo ataupun bagi yang senang olah raga ,ada club Bowling disini

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2