Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Konsultan - Kompasianer of the Year 2014

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Keunikan TBM Pustaka Rumah Gadang

3 Agustus 2018   23:38 Diperbarui: 4 Agustus 2018   00:38 492 19 12
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Keunikan TBM Pustaka Rumah Gadang
dokumentasi : kiriman dari Chris /TBM Pustaka Rumah Gadang

Membaca kata :"Rumah Gadang" saja setiap orang tanpa perlu penjelasan panjang lebar,pasti sudah mendapatkan gambaran ,bahwa tulisan ini pasti  akan bercerita tentang kegiatan yang terjadi di Sumatera Barat.

Entah dorongan apa yang menyebabkan hari ini terjadi komunikasi yang cukup intensif antara diri saya sebagai salah satu dari orang yang terlahir di Sumatera Barat tepatnya di kota Padang tercinta dengan Chris yang merupakan salah satu aktivis dari TBM Pustaka Rumah Gadang ini. 

Chris mengawali pembicaraan dengan  ucapan terima kasih,bahwa beberapa buku tentang kami,seperti Sehangat Matahari Pagi, Beranda Rasa dan Juga Penjaga Rasa yang diterbitkan oleh Peniti Media sudah menjadi bagian dari kelengkapan buku buku yang ada di perpustakaan ini. 

dokumentasi : kiriman dari Chris /TBM Pustaka Rumah Gadang
dokumentasi : kiriman dari Chris /TBM Pustaka Rumah Gadang
Saya sempat heran,karena tidak merasa pernah mengirimkan buku buku tersebut ke TBM Pustaka Rumah Gadang. Tapi  setelah dijelaskan baru  memahami bahwa buku buku yang saya kirimkan sebagai keikutsertaan dalam membangun perpustakaan disalah satu desa di kota Padang panjang sebagiannya diantarkan oleh Asro Sikumbang anak muda yang menjadi aktivis mendorong minat  baca warga di kampungnya di Padang Panjang, Kami sempat bertemu di Padang tahun lalu dan selalu menjaga hubungan komunikasi dengan baik.

dok.tbm.pustaka rumah gadang
dok.tbm.pustaka rumah gadang
Perpustakaan Yang Berhasil Merangkul Antar Generasi

Disamping sebuah apresiasi bagi kinerja dari para aktivis yang memprakarsai terbentuknya perpustakaan ini, tak kurang rasa salut,melihat bahwa dalam komunitas ini tergabung dari berbagai unsur antara lain dari pemerintahan sipil TNI dan masyarakat lintas suku. Hal ini dapat disimak dari susunan kepengurusan perpustakaan ini:

dok.tbm.pustaka rumah gadang
dok.tbm.pustaka rumah gadang
  • Alamat TBM.PUSTAKA RUMAH GADANG Bapermas kampung batu. Jln.kampung batu no.179 RT 03/RW 02 kelurahan batang arau,kecamatan padang selatan. Seberang muara padang 25215
  • Penanggung jawab. Bapak GANI SP( Om Piu ) dan IBU LENA RASYID( Taci Pok Lian ).
  • Penggagas/pencetus. KOPDA.CHRISMAN NDURU ( TNI-AD ),anggota kodim 0307/TD,Korem 032/WBR.
  • Di prakarsai oleh. -Dinas perpustakaan prov.sumbar -perpustakan galeri dan kearsipan kota padang. -YAGEMI ( yayasan gemar membaca indonesia)cab.sumbar. 
  • TBM.PUSTAKA RUMAH GADANG launching/di resmikan tgl 15 mei 2017 oleh wali kota padang,bpk.Mahyeldi.

perpustakaan-6-5b648010ab12ae2c392a0d0a.jpg
perpustakaan-6-5b648010ab12ae2c392a0d0a.jpg
Daripada Buku Buku Tersimpan Digudang

Tulisan ini saya postingkan,hanya sebagai sebuah masukan dan sekaligus sebuah ungkapan kegembiraan hati dan rasa syukur,bahwa ternyata warga dikampung halaman saya,tidak ketinggalan dari daerah lainnya,dalam upaya mendorong minat baca bagi masyarakat,terutama dari kalangan muda.

Sehingga dengan demikian,generasi muda kita terhindar dari jerat lingkaran setan yakni permainan games,yang berpotensi menyebabkan anak anak kecanduan dan melupakan segala galanya. 

Dengan adanya minat baca,maka generasi muda kita,akan memiliki kegiatan yang bermanfaat bagi masa depannya. Karena buku adalah jendela dunia,dimana orang dapat mengikuti perkembangan dalam berbagai sisi kehidupan dan tidak terkurung dalam pemikiran yang sempit.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan