Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Kompasianer of the Year 2014

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengirim Anak Study Keluar Negeri

5 Mei 2014   06:10 Diperbarui: 23 Juni 2015   22:52 818 30 25 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengirim Anak Study Keluar Negeri
13992197311771562407

[caption id="attachment_322581" align="aligncenter" width="300" caption="salah satu university di USA/california state university chiko"][/caption]

Kesehatan

Bila kondisi kesehatan anak tidak memadai, maka sebaiknya jangan memaksa anak untuk tetap melanjutkan studi keluar negeri. Jangan lupa biaya pengobatan diluar negeri bisa beberapa kali lipat dibanding di Indonesia. Bila ada gigi yang harus ditambal atau kaca mata yang perlu diganti,maka lakukanlah sebelum berangkat keluar negeri. Merawat gigi di luar negeri, misalnya di Australia, bisa sampai 2 ribu dollar.

Menentukan Studi di bidang apa

Pikiran bahwa: "Yang penting anak study diluar negeri." Adalah suatu kesalahan cara berpikir. Karena bila anak study di jurusan yang sama sekali tidak diminatinya atau tidak banyak manfaatnya di Indonesia, maka kita hanya akan buang waktu dan uang ,untuk sesuatu yang tidak bermanfaat,selain bisa pamer ,bahwa anak tamat diluar negeri. Sedini mungkin diskusikanlah jurusan atau bidang apa yang akan dituju,sebelum memutuskan mengirim anak keluar negeri.

Kemantapan di Bidang Keuangan

Kemantapan di bidang keuangan ,perlu menjadi perhatian utama. Jangan berpikir hanya dengan menjual mobil ataupun menjual sawah, terus sudah bisa menyekolahkan anak diluar negeri Sebagai gambaran untuk satu bulan ,minimal diperlukan untuk biasa hidup diluar negeri (misalnya :Australia) adalah 1000 dollar atau setara dengan 10 juta rupiah setiap bulan. Jumlah ini belum termasuk uang sekolah dan kegiatan lainnya.

Negara yang di Tuju

Perlu dipikirkan dan didiskusikan pada anak , negara mana yang akan dituju,sesuai denganrencana bidang study mana yang diminati. Hidup di negara Asia ,tentu akan sangat berbeda dengan hidup di negara barat. Baik pola makanan,maupun adat istiadatnya. Perlu diingat juga, bahwa ada negara ,dimana ijazah bisa diperoleh dengan sangat mudah,dengan kedok: "Open University" atau universitas terbuka. Kalau keluar negeri hanya untuk mendapatkan sertifikat semata, maka tidak perlu harus jauh jauh.

Universitas

Memilih Universitas tentunya merupakan langkah yang tidak kalah pentingnya. Mengingat diluar negeri, terutama di Amerika, banyak universitas tanpa kampus. Baik dari jarak ,maupun dari sudut kenyamanan dan keamanan, Australia mungkin merupakan negara yang pas untuk study . Disamping selama ini, gejolak politik sama sekali tidak mempengaruhihubungan antar warga, baik dilingkungan universitas, maupun dengan warga umum disana.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x